Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan uji coba rel kereta api trans Sulawesi di Kabupaten Barru, Jumat (10/11 /2017).

Uji coba rel kereta api trans Sulawesi ini dilakukan setelah gerbong kereta api yang dikirim dari Banda Aceh Lhoksoumawe tiba beberapa hari yang lalu.

Untuk sementara, sepanjang 16 kilometer rel kereta api trans Sulawesi yang baru selesai dan akan dilewati oleh kereta api ini. Selanjutnya masih ada, kurang lebih 130 kilometer rel kereta api trans Sulawesi yang akan diselesaikan hingga sampai di Parepare. Karena panjang rel kereta api dari Makassar ke Parepare sepanjang 145 Kilometer.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, uji coba rel kereta api trans Sulawesi ini membuktikan bahwa Sulsel tidak main-main dalam membangun kereta api.

"Ini bukan launching, ini hanya uji coba rel dengan mengundang muspida. Ini jawaban dari pertanyaan masyarakat apakah jadi betul ini kereta di Sulsel. Dan juga jawaban untuk Presiden yang mengatakan 3 kali groundbreaking tapi tidak pernah jadi," ujar Syahrul.

Bagi masyarakat Sulsel, lanjutnya, ini memastikan diri cara pandang dalam membangun daerah bahwa dalam membangun daerah tidak ada jalan mundur tetapi pembangunan yang maju terus.

"Kalau ada pejabat di pikirannya mundur, tidak cocok jadi pejabat, yang dipikirkan oleh pejabat bagaimana harus membangun daerah dengan lebih dari sebelumnya," katanya.

Sementara itu, Bupati Barru, Suardi Saleh mengatakan, rel kereta api ini sudah bisa dilewati sepanjang 16 kilometer termasuk sudah bisa melewati Pelabuhan Garongkong.

"Selanjutnya kita akan selesaikan, tinggal masih ada beberapa titik yang harus dibebaskan lahannya, yang menjadi permasalahan dalam pembebesan lahan yaitu masalah warisan, mereka sulit membagi warisan karena ada yang dua isterinya, itu yang bermasalah," pungkasnya.

Jumat, 10 November 2017 (Srf/Er)