Makassar, Sulselprov.go.id - Ketua DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Ina Kartika Sari menghadiri Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kinerja  Dengan Tujuan Tertentu (DTT) Semester II Tahun 2023, yang diselenggarakan oleh BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan, di Kantornya,  Jumat, 19 Januari 2024.


Penyerahan LHP itu diserahkan langsung oleh kepala BPK Perwakilan Sulawesi Selatan, Amin Adab Bangun, hadir dalam penyerahan itu Penjabat  Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. Dan terlihat hadir sejumlah OPD dari Pemprov Sulsel.

Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari dalam sambutannya menyampaikan bahwa atas nama pimpinan dan seluruh anggota DPRD Sulsel mengucapkan selamat hari ulang tahun ke 77 BPK, dan mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi BPK RI Perwakilan Sulawesi Selatan, yang telah konsisten melaksanakan dan menyampaikan hasil pengawasan di lingkungan Pemerintah Daerah.


Kinerja penyelenggaraan pemerintahan di daerah perlu menjadi perhatian bersama, untuk selalu melakukan pembenahan, salah satunya melalui penguatan sistem pengawasan, dengan meningkatkan peran Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) maupun pengawasan eksternal.


Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari mengatakan, Laporan Hasil Pemeriksaan Tahun 2023 Pemprov Sulsel harus tetap di jalur Opini Wajar Tanpa Pengecualian.

“Catatan-catatan yang mewarnai LHP juga harus menjadi perhatian bersama,” kata Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari.

Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, juga menyampaikan, sebagai lembaga legislatif yang mempunyai kepentingan yang sama dengan pihak eksekutif, dalam hal ini Pemerintah Provinsi (Pemprov), namun tetap harus sama-sama bahu membahu agar Hasil Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan tetap meraih Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian.

“Kita ingin pengelolaan keuangan daerah kita sesuai kaidah dan aturan yang berlaku, dan ini perlu dukungan. Melalui penyerahan LHP ini, kita harapkan sinergitas dapat terus dijaga dalam menjalankan roda pemerintahan dengan pengelolaan anggaran yang transparan dan akuntabel serta penuh tanggung jawab, yang tentunya berorientasi pada kesejahteraan masyarakat," kata Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari.


Dikesempatan itu, Ketua DPRD Sulsel bersama Penjabat Gubernur mendatangani berita acara laporan hasil pemeriksaan kepatuhan atas operasional Rumah Sakit Daerah Labuang Baji tahun 2022 dan 2023. (*)