Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Ny. Liest F. Nurdin, M.Fis beserta rombongan melakukan kunjungan kerja di Kota Pare-pare, Selasa (21/01/2020), tepatnya di sekolah SMA Negeri 5 Pare-pare. Rombongan disambut hangat oleh Walikota Pare-pare, Taufan Pawe dan Ibu Ketua Tim Penggerak PKK, para guru, siswa dan masyarakat Kota Pare-pare.

Walikota Pare-pare, Taufan Pawe dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada ibu Ketua Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Ibu Liest F. Nurdin beserta rombongan dan memberikan apresiasi atas kepedulian sosial, ekonomi dan lingkungan khususnya di Kota Pare-pare. “Tentu kedatangan Ibu PKK Provinsi ini memberikan semangat dan energi bagi kami semua untuk percepatan pembangunan di Parepare”,ungkap Taufan Pawe.

Pada kesempatan itu, Lies F. Nurdin dalam sambutannya meminta kepada para kepsek, guru dan seluruh siswa untuk benar-benar menghadirkan sekolah yang berbudaya dan ramah lingkungan.

“Ada beberapa poin penting yang ditekankan meliputi MCK, yakni sekolah harus bersih, tertib kelola sampah, hindari penggunaan plastik, kantin yang bersih dan makanan yang sehat, taman sekolah yang hijau, dibuat titik-titik geopori untuk peresapan air serta ruang kelas dengan sirkulasi udara yang segar,”ungkap Lies.

Ia juga meminta agar UKS dikelola dengan baik sehingga  seluruh sekolah dapat menghadirkan lingkungan yang bersih,  sehat, ramah dan berkelanjutan.

Saya berharap agar sekolah Adiwiyata itu harus menjadi gerakan bersama sehingga sekolah dapat menjadi contoh pengelolaan lingkungan yang baik dari pemukiman masyarakat lainnya.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang narkoba, adiwiyata dan pola hidup sehat oleh para narasumber yang ikut serta dalam rombongan kunjungan kerja ini.

Ibu Liest F. Nurdin  selanjutnya berkeliling sekolah melakukan pengecekan kebersihan sekolah,  memberikan sejumlah  bantuan alat kebersihan, dispenser, thumbler,  bibit pohon rambutan, mangga dan kelor sebanyak 50 pohon setiap sekolah, masing-masing di SMA Negeri 5 dan SMA Negeri 4 Kota Pare-pare. Setelah itu dilakukan penanaman bibit pohon secara simbolis.

Kemudian rombongan PKK Prov Sulsel bergerak mengunjugi panti jompo binaan Dinas Sosial Prov Sulsel dan memberikan sejumlah bantuan sosial. Tak lupa juga rombongan memberikan supporting kepada kelompok UKM Pengrajin Pare-pare.

Kadis Pengelolaan Lingkungan Hidup, Andi Hasdullah yang ikut mendampingi memberikan apresiasi atas kepedulian ibu Liest, Ketua Tim PKK Sulsel. “Kunjungan ini memberikan dorongan dan menggugah kepekaan kita terhadap kepedulian sosial ekonomi dan lingkungan di sulsel,”kata Hasdullah.

Hasdullah berharap agar semua sekolah di Sulsel yang jumlahnya sekitar 10 ribu lebih dapat melakukan suatu gerakan sekolah Adiwiyata yang dapat menjadi model dan dicontohi oleh seluruh masyarakat di Sulsel.

“Harapan kita jumlah sekolah Adiwiyata 2020 terus bertambah dan secara nyata berkontribusi langsung untuk percepatan pembangunan yang berkelanjutan di Sulawesi Selatan,” tutupnya.

Selasa, 21 Januari 2020 (Andi Hasdullah, Kadis DPLH)