Makassar, sulselprov.go.id - Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan secara resmi merekomendasikan Desa Langkidi, Kecamatan Bajo, Kabupaten Luwu sebagai satu-satunya desa yang mewakili Sulawesi Selatan pada lomba Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2024 yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat. Penetapan ini diambil pada rapat Koordinasi Pembahasan dan Penetapan Desa di Ruang TGUPP, Kantor Gubernur Sulsel, Senin (29/07/2024).

Sesuai dengan hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023 lalu, Desa Langkidi berada di urutan teratas dengan perolehan nilai 96,62 sehingga dikategorikan sebagai Desa Maju. Tata kelola pelayanan informasi yang baik dan transparan kepada masyarakat membuat desa ini layak mewakili Sulawesi Selatan di ajang nasional tersebut.

Anggota Komisi Informasi Sulsel, Fauziah Erwin mengungkapkan bahwa dengan adanya kegiatan Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik ini bisa menjadi pemantik semangat bagi desa-desa lain di Sulsel untuk membenahi pelayanan publik desa agar menjadi semakin baik.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini desa-desa menjadi lebih terbuka dan menyiapkan infrastruktur pendukung pelayanan informasi publik untuk memastikan kebutuhan informasi masyarakat desa itu terpenuhi," ungkap Fauziah Erwin.

Ia juga berharap Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui pemerintah kabupaten/kota dapat memberikan dukungan penuh kepada desa-desa yang berprestasi agar tetap mampu mempertahankan prestasinya di tahun mendatang.

Sementara itu, Pelaksana Harian Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemprov Sulsel, Akbar RPN mengatakan, Dinas PMD akan memberikan dukungan penuh kepada Desa Langkidi serta akan segera berkoordinasi dengan Pemkab Luwu. Akbar mengatakan, secara teknis pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemkab Luwu untuk melengkapi beberapa indikator yang diperlukan.

"Insya Allah kita menargetkan tahun ini akan meneruskan tradisi prestasi kita di Provinsi Sulawesi Selatan. Kita maksimalkan, semoga mendapat dukungan penuh dari pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, dan pemerintah desa itu sendiri," sebut Akbar.

Ditemui usai acara, Kepala bidang Komunikasi dan Humas Diskominfo SP Pemprov Sulsel, Fitra mengatakan, besar harapan Desa Langkidi dapat bersaing dengan desa-desa dari provinsi lain di Indonesia dalam ajang ini.

"Semoga Desa Langkidi dapat meraih hasil yang maksimal, hasil yang terbaik dan membawa nama baik Sulawesi Selatan di kancah nasional," pungkas Fitra. (*)