Bulukumba, sulselprov.go.id - Sebelum berangkat mengikuti lomba Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, kontingen FASI Bulukumba dijamu dan silaturahmi dengan Ketua Tim Penggerak PKK Bulukumba Andi Herfida Muchtar di Pendopo Rujab Bupati Bulukumba, Selasa 16 Juli 2024.

Silaturahim dilakukan bersama orang tua anak dan para pembina dari jajaran pengurus BKPRMI Kabupaten Bulukumba.

Ketua BKPRMI Muhammad Arpa mengatakan jumlah anak yang menjadi peserta FASI Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 50 orang, namun secara keseluruhan jumlah kontingen kurang lebih 150 orang yang terdiri dari peserta, orang tua pendamping dan jajaran pembina/pelatih.

Arpa menyampaikan terima kasih kepada Ketua TP PKK Andi Herfida Muchtar karena memberikan kesempatan bersilaturahmi dan menjamu kontingen FASI Bulukumba sebelum berangkat ke Kabupaten Bantaeng yang menjadi tuan rumah lomba FASI ke 12 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

"Kita tidak pernah membayangkan, anak anak kita hadir di Pendopo. Kami mengucapkan terima kasih banyak telah mengundang anak anak kita sehingga juga dapat menikmati suasana indah di rumah jabatan dan pendopo ini," kata Arpa.

Dikatakan, FASI Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan akan berlangsung mulai 25 sampai 28 Juli dengan 8 lomba untuk kategori TPA dan 7 lomba untuk TKA.

Dengan persiapan yang baik, Muh Arpa optimis Bulukumba masih favorit masuk tiga besar sebagaimana FASI sebelumnya keluar sebagai juara umum 3. Saingan Bulukumba selama ini hanya Bone dan Makassar.

"Kami sudah seleksi 3 bulan lalu dan beberapa kali sudah gelar latihan termasuk saat ini peserta mengikuti training center," ungkapnya.

Diharapkan kontingen FASI Bulukumba bisa tampil lebih maksimal dan bisa bersaing meraih juara 1 tingkat provinsi.

Senada yang disampaikan Arpa, Andi Herfida Muchtar juga berharap kontingen FASI Bulukumba mampu bersaing, apalagi jarak Bulukumba-Bantaeng paling dekat dibanding daerah lain, sehingga butuh waktu lama dalam perjalanan.

Selain fokus bertanding dan target juara, Herfida Muchtar juga berpesan kepada kontingen Bulukumba menjadi peserta tamu yang baik selama berada di Kabupaten Bantaeng.

"Kontingen Bulukumba harus menjaga keramahan kepada tamu lainnya, termasuk menjadi kebersihan," pintanya.

"Kita harus fokus untuk juara. Ibu ibu yang menjadi pendamping anak untuk jaga kebersamaan," ucapnya di hadapan para orang tua peserta.

Salah satu orang tua peserta FASI, Ika asal Desa Bijawang menyampaikan terima kasih kepada ibu Bupati yang telah mengundang dan menjamu anak anak dan orang tua peserta.

Ia mengaku baru pertama kalinya menginjakkan kaki di rumah jabatan Bupati Bulukumba.

"Saya senang sekali bisa kesini dan bertemu dengan ibu bupati," kata Ika.

Berikut Cabang Lomba FASI Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan

Kategori TKA
1. Tartil Al Qur'an
2. Adzan dan Iqomah
3. Peragaan Shalat
4. Ikrar dan Puitisasi Tarjamah Al Qur'an
5. Nasyid Islami
6. Cerdas Cermat Al-Qur'an
7. Mewarnai Gambar

Kategori TPA
1. Tartil Al Qur'an
2. Adzan dan Iqomah
3. Ikrar dan Puitisasi Tarjamah Al-Qur'an
4. Nasyid Islami
5. Cerdas Cermat Al-Qur'an
6. Menggambar
7. Ceramah Agama Islam Bahasa Indonesia. (*)