Makassar,sulselprov.go.id - Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Selatan (Sulsel) bersilaturahmi dengan Sekertaris Daerah Provinsi Sulsel Jufri Rahman, di ruang kerja Sekda Sulsel, Kamis, 5 September 2024.

Jufri Rahman mengatakan, dalam pertemuan tersebut KPID Sulsel melakukan koordinasi secara kelembagaan terkait dengan dukungan terhadap peningkatan kinerja KPID Sulsel dalam menjalankan tugas, pokok, dan fungsinya, sesuai dengan arahan KPI Pusat.

"Mereka (KPID Sulsel) dapat arahan surat dari KPI Pusat terkait dengan dukungan APBD Sulawesi Selatan terhadap operasional KPID karena selama ini dukungan APBD ke setiap daerah itu berbeda-beda, karena itu KPI memberikan semacam arahan bahwa KPID itu untuk (anggaran) operasional yang wajar bisa menjalankan tugasnya dengan baik itu, antara Rp 2,5 miliar sampai Rp3 miliar pertahun untuk membiayai gaji tunjangan operasional pegawai, tenaga pendukung operasional KPID," katanya.

Ia juga mengungkapkan, selain terkait anggaran, KPID Sulsel juga menyampaikan soal kebutuhan pinjam pakai gedung aset Pemprov Sulsel untuk sekretariat KPID Sulsel. Pertemuan tersebut juga membahas kemungkinan KPID Sulsel mendapatkan kendaraan operasional yang dapat mendukung kinerja KPID Sulsel.

"KPID Sulsel juga meminta sekiranya ada gedung atau aset daerah yang mereka bisa gunakan pinjam pakai sebagai kantor karena selama ini mereka masih menumpang. Permintaan ketiga, mereka mengatakan bahwa memang kalau ada kendaraan dinas yang akan dilelang mereka meminta daripada dilelang, tolong diberikan kepada KPID sebagai kendaraan operasional," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPID Sulsel Irwan Ade Saputra menjelaskan, kedatangannya menemui Sekda Sulsel untuk melakukan koordinasi secara kelembagaan antara KPID Sulsel dan juga pemerintah provinsi.

"Beberapa waktu lalu kami sempat bertemu dengan Bapak Pj Gubernur. Beberapa halnya juga diarahkan untuk koordinasi teknis dengan beliau, mungkin soal supporting Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terkait bagaimana dinamika penyiaran yang ada di Sulawesi Selatan," ungkapnya.

Koordinasi kelembagaan itu, ucap Ade, untuk meminta dukungan Pemerintah Provinsi Sulsel terhadap peningkatan kinerja dan tupoksi KPID Sulsel yang melakukan pengawasan penyiaran dari 24 Kabupaten/Kota di Sulsel. (*)