Gowa, sulselprov.go.id - Peringatan Hari Pramuka Ke-63 Tahun Tingkat Kwartir Daerah Sulawesi Selatan dilaksanakan sedikit berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Dimana biasanya dilaksanakan di Provinsi Sulsel pada tanggal 18 Agustus setiap tahunnya, namun tahun ini dilaksanakan tepat pada Hari Pramuka di Bumi Perkemahan Cadika HM Yasin Limpo, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Rabu (14/8). 

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulsel, Adnan Purichta Ichsan mengatakan dirinya akan terus memperkenalkan Bumi Perkemahan Cadika agar setiap dilaksanakan kegiatan besar kepramukaan maka mampu dilaksanakan di Kabupaten Gowa. 

"Tahun ini kita laksanakan di Buper Cadika, sekaligus mensosialisasikan buper yang ada di Kabupaten Gowa ini, karena kita akan membangun miniatur Buper Cibubur yang ada di Jakarta sehingga semua kegiatan pramuka yang ada di Indonesia Timur kedepan Insya Allah bisa dilaksanakan di tempat ini," ungkapnya. 

Lebih lanjut Adnan yang juga Ketua Kwarcab Gowa menyebut, pihaknya ingin terus berkontribusi dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di masa yang akan datang salah satunya melalui gerakan pramuka. 

"Dengan pendidikan karakter yang telah ada di Pramuka, maka kami Kwarda Sulsel bersama Pemerintah akan terus memberikan dukungan agar kedepannya kita terus mampu berkontribusi membangun SDM yang lebih baik dan lebih unggul lagi di masa yang akan datang," tambahnya. 

Pada peringatan ini, Adnan Purichta juga meraih piagam Tanda Penghargaan Lencana Pancawarsa II yang diserahkan oleh Ketua Mabida Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh.

Olehnya pada kesempatan itu dirinya mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Pj Gubernur Sulsel yang juga Mabida Sulsel atas support yang diberikan kepada Kwarda Sulsel dalam mensukseskan kegiatan-kegiatan kepramukaan di wilayah Sulawesi Selatan. 

Sementara Pj Gubernur Sulsel yang juga Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrullah mengaku 
Sangat mendukung seluruh bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh Kwarda sulsel. Menurutnya melalui pramuka maka akan membantu para generasi muda dalam melakukan pengembangan diri. 

"Saya dukung penuh semua kegiatan Kwartir Daerah Pramuka Sulsel, saya terkesan dengan acara ini dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya. Saya tiga kali menjadi Mabida dan di Sulsel ini paling kompak dan keren. Jadi saya dukung penuh kegiatan pengembangan pramuka agar anak-anak kita bisa tumbuh lebih kuat, bisa berlari lebih cepat, dan bisa terbang lebih tinggi lagi," katanya. 

Olehnya ia mengajak para peserta upacara yang diikuti ribuan anak pramuka SD dan SMP agar terus semangat dalam berpramuka dan mampu mengamalkan pacasila serta dasadarma pramuka. 

"Adik-adik terus semangat amalkan pancasila dan jaga negara kita. Mari mengobarkan semangat Dasa Dharma Pramuka, semangat kemandirian, semangat pantang menyerah, nyalakan terus api semangat, cinta tanah air di dada kalian semuanya," tutupnya. 

Pada upacara Peringatan Hari Pramuka ke-63 ini turut diikuti Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika, Wakil Bupati Gowa yang juga Wakil Ketua Mabicab Pramuka Gowa, Pj Sekda Gowa Abd Karim Dania dan Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa. (*)