Makassar, sulselprov.go.id - Penjabat Gubernur Sulsel Prof Zudan Arief Fakrulloh menerima jenazah Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Ardiles Saggaf, S.STP,. M.Si. dari pihak keluarga di Jalan Jalan Muhajirin 2 Blok C No.22, Makassar,  Minggu, 28 Juli 2024. Sekaligus melepas jenazah untuk dimakamkan.

"Saya atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menerima jenazah almarhum Ardiles Sagaf, Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan Provinsi Sulawesi Selatan untuk selanjutnya kami kebumikan dengan sebaik-baiknya," kata Prof. Zudan.

Ardiles Saggaf berpulang pada usia 44 tahun dan dilantik sebagai Kepala Disnakertrans Sulsel pada 27 Juni 2022. Ia lahir di Ujung Pandang pada 24 Maret 1980.

Dalam sambutannya, Prof. Zudan menyatakan duka cita yang mendalam atas kehilangan sahabat terbaik.

"Ya Allah Ya Rahman, Ya Rahim. Pada hari ini kami, saya selaku pribadi dan atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Benar-benar berduka cita yang mendalam, kehilangan sahabat terbaik," ucapnya.

Prof. Zudan mengenal Ardiles sejak di Dukcapil dan menggambarkannya sebagai sosok yang baik, teguh, dan sabar.

"Saya telah lama mengenal sejak di Dukcapil, sebagai sosok yang baik, teguh, sabar," ucapnya.

"Kami berduka, semoga Allah Subhana Wa Taala mengampuni dosa-dosa Pak Ardiles, menerangkan kuburnya dan melapangkan jalannya dan diberikan Surga oleh Allah Subhana Wa Taala. Pak Ardilles menjadi ahli surga. Saya bersaksi Pak Ardiles orang yang baik, saya kenal," ujarnya dengan suara bergetar.

Adapun Almarhum menempuh pendidikan meliputi SD Negeri 10 Watampone, SMP Negeri 4 Watampone, SMU Negeri 2 Makassar, Sarjana S1 STPDN, dan Magister Administrasi Pembangunan Unhas.

Karirnya mencakup berbagai posisi, termasuk Sekretaris Lurah, Kasi Pemerintahan, dan Kepala Dinas.

Ardiles Saggaf menerima Satyalancana Karya Satya 20 Tahun dari Presiden Republik Indonesia. (*)