Bulukumba, sulselprov.go.id - Wakil Bupati Bulukumba Andi Edy Manaf memimpin ramah tamah sekaligus lepas sambut Dandim 1411 Bulukumba, dari pejabat lama ke pejabat baru. Ramah tamah dan lepas sambut itu, digelar di Pendopo Rujab Bupati Bulukumba, Selasa malam, 2 Juni 2024.

Wabup Edy Manaf di awal sambutannya, menyampaikan permohonan maaf Bupati karena tak sempat mengikuti ramah tamah dan lepas sambut. Selain kondisi masih berduka atas meninggalnya H.Andi Muhammad Ali Yusuf ayahanda Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf, juga dilaksanakan takziah ketiga atau takziah terakhir di kediaman almarhum.

"Olehnya, mari sama-sama kita doakan almarhum orang tua beliau. Mari sama-sama mengirimkan alfatihah," kata Edy Manaf.

Ia pun menyinggung hubungan erat pemerintah daerah Kabupaten Bulukumba dengan Kodim, Polres, serta instansi vertikal lainnya. Membangun hubungan baik itu, demi untuk Bulukumba maju dan sejahtera.

"Secara pribadi maupun secara institusi, kita punya hubungan emosional yang mendalam. Hubungan erat kita, lagi-lagi untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Edy Manaf mengungkap, berbagai program yang dicanangkan oleh Pemkab Bulukumba tak terlepas dari kolaborasi banyak pihak, tak terkecuali TNI-Polri.

"Ini karena kita semua kerja sama. Termasuk BUMN, BUMD, hingga lintas organisasi. Kesemuanya bermuara pada kesejahteraan," urainya.

Mantan Anggota DPRD Provinsi Sulsel ini, mengaku baru pertama kali memimpin lepas sambut Dandim 1411 Bulukumba. Sehingga memimpin lepas sambut itu, merupakan sejarah baru bagi dirinya.

"Saya terasa masih sangat muda. Hitung-hitung dengan usia Pak Dandim baru, saya lebih tua tujuh tahun," ujar Edy Manaf dengan nada canda.

Ia lebih jauh menyampaikan selamat bertugas kepada pejabat lama Dandim 1411 Bulukumba dengan jabatan barunya di tempat yang baru pula.

Bagi Edy Manaf, ramah tamah ini sejatinya bukanlah pisah sambut. Melainkan sebagai wadah untuk semakin memperkokoh silaturahmi, antara Pemkab, Forkopimda hingga lintas komunitas dan organisasi.

"Ini silaturahmi. Insya Allah silaturahmi kita akan tetap baik. Semoga peningkatan hubungan ini tanpa batas," jelasnya.

"Kepada pejabat baru, kami menyampaikan selamat datang di Kabupaten Bulukumba. Semoga ke depan, hubungan kita semakin erat," sambung Edy Manaf.

Lepas sambut Dandim 1411 Bulukumba, dari pejabat lama Letkol Inf Kaharuddin Dj kepada pejabat baru Letkol Inf Sarman. Rencananya, serah terima jabatan (Sertijab) Dandim 1411 Bulukumba akan dilaksanakan dalam waktu dekat di Korem 141 Toddopuli.

Sebelum masuk ke rangkaian acara ramah tamah dan lepas sambut, terlebih dahulu tamu undangan menikmati sajian santap malam bersama di Pendopo Rujab Bupati Bulukumba.

Letkol Inf Kaharuddin Dj menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah, Forkopimda, serta seluruh elemen masyarakat yang selama ini telah berkolaborasi dengan baik.

Menurutnya, kerja sama dan kolaborasi itu tak terlepas dari tugas sebagai instansi vertikal dalam membantu tugas-tugas pemerintah daerah. 

"Terima kasih kepada semua undangan yang telah hadir, maaf kalau kami menyita waktunya. Selama ini kami tak bekerja sendiri, kami harus berkolaborasi. Di sini banyak sekali partner kami, khususnya Pemda," jelasnya.

"Saya rasa kerja sama ini, semuanya tetap dipelihara. Namanya organisasi, meski pimpinannya berganti, tetapi kerja samanya tak boleh berhenti, kalau bisa bertambah lagi," jelas Letkol Inf Kaharuddin Dj menambahkan.

Sementara itu, Letkol Inf Sarman berharap kehadirannya di Kabupaten Bulukumba dapat diterima dengan baik. Meski baru berada di Bulukumba, ia akan berupaya beradaptasi dengan baik ke semua lapisan masyarakat.

"Kami baru di Bulukumba. Olehnya kami mohon dibantu, semoga diterima dengan baik," ungkapnya.

"Mudah-mudahan kami bisa melanjutkan program yang telah berjalan sebelumnya dengan baik. Ke depan, semoga hubungan kita semua berjalan sebagaimana biasanya," jelas Letkol Inf Sarman, kemudian mengakhiri sambutannya.

Selain Wabup Edy Manaf, ramah tamah juga dihadiri oleh Ketua DPRD Bulukumba H Rijal bersama jajaran Forkopimda Bulukumba, di antaranya Kapolres Bulukumba AKPB Andi Erma Suryono, Kajari Bulukumba Cahyadi Sabri, Ketua Pengadilan Negeri Bulukumba Ernawaty, serta Ketua Pengadilan Agama Bulukumba Laila Syahidan.

Kemudian, juga hadir Sekretaris Daerah Muh Ali Saleng bersama sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pimpinan Baznas Bulukumba Muhammad Yusuf Sandy, beberapa pimpinan BUMN, BUMND, lintas organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan, serta tokoh-tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Di penghujung acara, Wabup Edy Manaf, Forkopimda hingga lintas tokoh pemuda dan masyarakat, secara bergantian foto bersama dengan pejabat lama-pejabat baru Dandim 1411 Bulukumba. Puluhan cinderamata, juga menjadi oleh-oleh untuk Letkol Inf Kaharuddin Dj.

Diketahui pejabat baru Dandim 1411/Blk Letkol Inf Sarman S.Hub Int berpindah dari jabatan lama sebagai Dandodiklatpur Rindam XIV/Hsn. Sementara Letkol Inf Kaharudidin S.Pd. M.Tr (Han) mendapatkan jabatan baru sebagai Kabagdik Rindam XIV/Hsn. (*)