Ketua Tim Penggerak dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sulsel, Lies F Nurdin, menjadi narasumber dalam Talkshow Madrasah Online Pusat Pembelajaran Ibu-ibu Takalar (Puspita) dengan mengangkat tema Peran Keluarga Dalam Upaya Mencegah Penularan Covid-19. Selasa, 12 Mei 2020.

Melalui sambungan Virtual Lies F Nurdin mengatakan peranan ibu dalam keluarga saat besar dan menjadi garda terdepan penyembuhan Covid-19 karena bisa sebagai dokter dan perawat bagi keluarga.

"Seorang ibu dalam keluarga menjadi garda terdepan dalam melawan Covid-19, karena dapat membangun dan menciptakan pikiran positif dalam keluarga dan menjamin ketersediaan pangan dengan gizi yang berimbang, yang sangat diperlukan dalam membentengi tubuh dan memperkuat sistem imun dalam menghadapi Covid-19,"ungkap Lies. 

Dia menjelaskan pikiran positif lahir dari peran keluarga yang mampu menciptakan suasana nyaman dalam keluarga. Memanfaatkan stay at home untuk melahirkan kebersamaan yang lebih harmonis dalam keluarga.

"Keluarga yang mampu menciptakan suasana yang nyaman akan menciptakan pikiran positif untuk semuanya, apa lagi saat stay at home dalam pandemi Covid-19, maka akan lahir keluarga harmonis dan bahagia,"jelasnya.

Lies lebih jauh mengaku,Dalam masa pandemi covid ini keluarga khususnya Ibu harus memastikan anak-anak dan seluruh anggota keluarga tetap berada di rumah melalui komunikasi yang baik serta menjadi guru. 

"Dengan keadaan yang mengharuskan harus dirumah,menjadi waktu yang tepat untuk banyak berkomunikasi dengan keluarga dan lebih dekat dengan anak, serta menjadi guru untuk anak,"imbuhnya.

Lies mencontohkan di dalam Rumah Jabatan Gubernur, setelah buka puasa, bersama suami, Gubernur Nurdin Abdullah melaksanakan shalat magrib dan tarawih bersama, termasuk dengan pegawai rumah tangga.

"Suami kita tiap hari keluar. Saya kira bapak-bapak semua sudah tahu aturan protokoler kesehatan. Keluar pasti menggunakan masker, tangan harus selalu bersih. Kalau pulang seperti suami saya, kalau pak gubernur pulang, itu pasti langsung buka sepatu, tidak boleh masuk kamar dan langsung mandi dan ganti baju," tambahnya. 

"Mari kita bantu program pemerintah dalam mengurangi penyebaran Covid-19 ini. Dan kita berdoa semua agar penyakit ini cepat pergi meninggalkan bumi Indonesia utamanya Provinsi Sulawesi Selatan. Karena kemarin pasien positif covid di Sulsel tidak ada penambahan, dan curvanya semakin landai,"tutupnya.

Kegiatan yang digelar Ketua PKK Takalar ini ditayangkan secara live di Facebook serta diikuti 100 lebih peserta yakni tim PKK kecamatan dan desa, serta warga yang tergabung dalam kelas pembelajaran.

Selasa (12 Mei 2020) Srf/Sr