Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Berkat yang berkantor pusat di Bulukumba, melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-51 di Hotel Agri Bulukumba, Senin (25/2/2019), yang dihadiri langsung oleh Bupati Bulukumba, Andi Syukri A. Sappewali, Forkopimda Kabupaten Bulukumba, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel, Abd. Malik Faisal dan Ketua Dewan Koperasi Pimpinan Wilayah Sulawesi Selatan, DR. H. A. Rahman Khalid, serta Kepala Dinas yang membidangi Koperasi dan UMKM Kab/Kota se-Sulawesi yang terdapat Kantor Cabang KSP Berkat.

RAT ini dilaksanakan oleh pengurus dalam rangka memaparkan kinerja yang telah dicapai selama tahun 2018 serta menjadi upaya penguatan kelembagaan Koperasi dan Pengembangan usaha Koperasi yang berkualitas.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan, Abd. Malik Faisal dalam sambutannya mengatakan bahwa KSP Berkat adalah salah satu Koperasi yang dikategorikan sebagai Koperasi Skala Besar, dengan jumlah anggota yang telah mencapai sekitar 27.500 orang dengan segmen pasar yang jelas.

"KSP Berkat adalah koperasi skala besar yang diharapkan dapat berperan dengan baik, dalam rangka pemberian pelayanan kepada anggota dan membawa dampak bagi pengembangan potensi ke masyarakat disekitarnya, sehingga menjadi sebuah lembaga ekonomi yang dapat dipakai untuk membangun mutual trust," kata Abd. Malik. 

"Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, dalam pembinaannya tetap memprioritaskan program pengembangan SDM Koperasi agar memiliki kompetensi dan daya saing profesional, sehingga akan lahir koperasi yang berkualitas," jelasnya.

"Kami berharap lahir KSP-KSP Berkat baru yang kokoh kuat ditengah persaingan bisnis jasa keuangan," harap Abd. Malik.

Sementara, Bupati Bulukumba, Andi Syukri A. Sappewali dalam sambutannya berharap agar KSP Berkat hadir dan dapat mengedukasi masyarakat dalam melakukan usaha-usaha produktif yang dapat meningkatkan kesejahteraan anggota dan memberi dampak dalam pertumbuhan ekonomi daerah.

"Kehadiran Koperasi adalah pemberi solusi tercepat dan mudah dalam mengatasi kebutuhan pembiayaan masyarakat, dan KSP Berkat diharapkan dapat terus berkembang dan diikuti koperasi lainnya,"kuncinya.

Sebelumnya, Ketua KSP Berkat Bulukumba, Ir. Andi Makkasau, MM melaporkan bahwa anggota yang hadir pada RAT sebanyak kurang lebih 950 orang yang berasal dari masing-masing perwakilan 77 Kantor cabang yang ada di Pulau Sulawesi.

"KSP Berkat yang berkomitmen untuk tumbuh dan berkembang bersama telah mempekerjakan sekitar 400 karyawan," jelasnya.

Senin, 25 Februari 2019 (Srf/Na)