Bulukumba, sulselprov.go.id - Meski dalam suasana berduka atas meninggalnya H. Andi Muhammad Ali Yusuf Ayahanda Bupati Bulukumba hari Minggu kemarin, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf tetap menghadiri peringatan Hari Jadi atau Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara di Mapolres Bulukumba, Senin 1 Juli 2024. 

Usai memimpin apel pagi di halaman Kantor Bupati, ia langsung bertolak ke Mapolres Bulukumba. Bupati yang akrab disapa Andi Utta itu, sekaligus menghadiri rangkaian upacara peringatan hari jadi Kepolisian RI tersebut.

Bagi Andi Utta, Polri merupakan jantung dari institusi negara dalam menjaga ketentraman dan kedamaian di masyarakat. Olehnya, ia berharap Polri semakin maju ke depan.

"Selamat Hari Jadi ke-78 Bhayangkara. Semoga Polri ke depan, semakin kuat dalam menjaga Kamtibmas khususnya di Kabupaten Bulukumba," ujar Andi Utta.

Di momentum ini juga, Andi Utta menyampaikan komitmennya agar pemerintah daerah selaku lembaga eksekutif, untuk semakin mengokohkan sinergitas bersama lembaga legislatif dan yudikatif.

"Bulukumba adalah kita semua. Semoga sinergitas kita semua selama ini, dapat dipererat lagi di masa-masa mendatang," katanya.

Setelah upacara peringatan Hari Bhayangkara, Bupati Andi Utta bersama Kapolres Bulukumba AKBP Andi Erma Suryono memotong nasi tumpeng, kemudian memberikannya ke personel Polres Bulukumba yang tertua dan termuda.

Pemotongan nasi tumpeng tersebut, merupakan tradisi yang sudah berlangsung saat peringatan HUT Bhayangkara di tahun-tahun sebelumnya.

Adapun personel Polres Bulukumba yang tertua adalah Kompol Nuryadin. Sedangkan yang termuda adalah Bripda Syamsul Bahri.

Upacara dipimpin oleh Kapolres Bulukumba AKBP Andi Erma Suryono, selalu Inspektur Upacara. Sementara, yang bertindak sebagai Komandan Upacara yakni Ipda Dimas Adji Saputra, Kanit Turjawali Satlantas Polres Bulukumba.

Kapolres Bulukumba AKBP Andi Erma Suryono menyampaikan terima kasih kepada Bupati Bulukumba bersama jajaran Forkopimda, serta seluruh undangan dan peserta yang hadir mengikuti jalannya upacara peringatan HUT ke-78 Bhayangkara.

Melalui momentum HUT Bhayangkara tahun 2024, orang nomor satu di Polres Bulukumba ini, mengajak personelnya untuk mengemban tugas dan amanah dengan baik.

"Sebagai pimpinan di Polres Bulukumba, saya mengucapkan selamat hari jadi ke-78 Bhayangkara. Mari menjadikan momentum hari Bhayangkara ini, untuk terus berbakti dan menjalankan tugas pokok kepolisian dengan baik dan penuh keikhlasan," jelas AKBP Andi Erma Suryono.

Selain Bupati Andi Utta, upacara peringatan HUT Bhayangkara itu, juga dihadiri Forkopimda Bulukumba, di antaranya Ketua DPRD Bulukumba H Rijal, Dandim 1411/Blk Letkol Inf Kaharuddin Djamaluddin, Kajari Bulukumba Cahyadi Sabri, Ketua PN Bulukumba Ernawaty, Ketua PA Bulukumba Laila Syahidan, serta puluhan tamu undangan lainnya.

Adapun peserta upacara, terdiri dari masing-masing 1 peleton perwira jajaran Polres Bulukumba, anggota Kodim 1411/Blk, personel Samapta, personel Polwan, Lapas, Satpol-PP, Dishub, Security dan Tagana Kabupaten Bulukumba, serta 5 peleton personel gabungan Polres Bulukumba.

Sekadar diketahui, duka mendalam masih menyelimuti Bupati Andi Utta. Sebab, ayahandanya H.Andi Muhammad Ali Yusuf meninggal dunia, pada Ahad pagi, 30 Juni 2024.

Ayah dari orang nomor satu di Kabupaten Bulukumba itu, menghembuskan nafas terakhirnya di kediamannya di Tanete, Kecamatan Bulukumpa. (*)