Kunjungan hari kedua, Rombongan Delegasi Indonesia ke Malaysia yang dipimpin Dirjen IKP Kementerian Kominfo RI, Prof Widodo, Rabu (27/11/2019) tiba di Pahang Jiran, Malaysia didampingi Director International Relation Division Departemen of Information Malaysia, Puan Norkhanizan Manaf.

Rombongan menuju ke Provinsi Pahang Kampung Budu, Benta, Lipis, dengan jarak dari Kota Putrajaya sekitar 175 km dan ditempuh sekitar 2 jam dengan kondisi jalanan yang mulus.

Kunjungan Delegasi Indonesia ini adalah tindak lanjut kerjasama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan Kementerian Komunikasi dan Multimedia Malaysia dalam rangka berbagi pengalaman dalam penguatan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) terutama dalam menangkal berita hoax dan menjadi media informasi yang mengedukasi dan mendorong ekonomi publik.

Kedatangan rombongan di Pahang disambut hangat dengan tarian-tarian dan lagu-lagu daerah setempat dengan jamuan makan siang rasa khas Malaysia.

Dalam sambutannya, Dirjen IKP, Prof. Widodo berharap antara kedua negara dan masyarakatnya saling bersinergi, baik dalam pemberdayaan kelompok informasi masyarakat dalam mengelola informasi termasuk menangkal berita hoax maupun dalam pengembangan ekonomi rakyat. Bahkan bagaimama hubungan yang saling menguntungkan itu, kedua negara dapat mengambil bagian penting dalam memajukan pemberdayaan masyarakat dalam berbagai bidang, dan berkontribusi bukan hanya lingkup kedua negara, tapi dapat mewarnai pola-pola pemberdayaan masyarakat dalam lingkup negara Asian.

Sementara, Hasdullah menambahkan, bahwa kelompok masyarakat di Malaysia cukup berkembang, baik dalam hal diseminasi edukasi informasi maupun kelompok usaha ekonomi kecil yang menjadi salah satu pendekatan develop ekonomi rakyat di Malaysia. "Kita saling berbagi pengalaman untuk kemajuan bersama," tutup Hasdullah.

Rabu, 27 November 2019 (diskominfo)