Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo secara resmi membuka Rapat Kerja Nasional (Rekernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di The Trans Luxury Hotel Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (21/2/2018).

Pemprov Jawa Barat menjadi tuan rumah Rakernas yang diselenggarakan Rabu-Jumat (21-23 Februari) 2018 mendatang.

Tjahjo Kumolo mengingatkan kepada kepala daerah untuk menjaga keamanan dan ketertiban menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak.

"Saya mengingatkan agar kepala daerah untuk menjaga keamanan dan ketertiban jelang Pilkada serentak," katanya.

Untuk itu perlu konsolidasi semua pihak untuk menjaga Pilkada tetap aman dan berjalan dengan tertib. Ia juga menyebutkan jadwal rawan konflik mulai bulan Juni, Juli hingga Agustus.

Mendagri juga meminta kepada para kepala daerah agar mencermati isu-isu atau gejala-gejala yang bisa timbul yang dapat mengganggu ketertiban dan keamanan jelang Pilkada.

Sementara itu, Ketua APPSI Syahrul Yasin Limpo menyampaikan pentingnya penguatan perdagangan antar daerah di Indonesia. Salah satu manfaatnya adalah dapat mengurangi atau menyetop ketergantungan pada impor.

"Kita harus mengoptimalkan perdagangan antar daerah, agar bisa mengurangi ketergantungan pada impor," sebut Gubernur Sulsel ini.

Penguatan ekonomi daerah akan menjadi isu utama. Rekernas ini dihadiri seluruh gubernur dan Plt gubernur se-Indonesia, dijadwalkan, besok (22/2) Presiden Jokowi juga akan hadir.

Kamis, 22 Februari 2018 (Srf/Er)