Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengunjungi Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Sabtu (17/6/2017). Didampingi Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, Menhub meninjau Posko Angkutan Lebaran sekaligus menghadiri Gelar Pasukan TNI - Polri dan Taruna/Taruni yang bertugas.

Menhub memimpin langsung gelar pasukan dan juga memasangkan life jaket kepada petugas secara simbolis. Terdapat 1.000 jaket yang disumbangkan PT.  Pelindo IV.

Budi Karya dalam arahannya menekankan tiga hal yang harus diperhatikan untuk petugas yang bekerja selama arus mudik berlangsung, yakni safety (keselamatan), security (keamanan) dan service (pelayanan) dalam mudik tahun ini.

Dia juga menekankan agar Pelni melakukan pengecekan terhadap kapal penumpang jangan sampai kelebihan penumpang.

"Kami himbau Pelni melakukan cek terhadap kapal penumpang dan jangan sampai ada kelebihan penumpang," katanya.

Sementara, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo meminta seluruh petugas yang bekerja harus memberi pelayanan secara maksimal.

"Bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. Semoga pekerjaannya lancar dan tidak menemukan kendala berarti. Selamat melaksanakan tugas, " ungkapnya.

Untuk pelabuhan Soekarna Hatta sendiri tahun ini kenaikan penumpang diprediksi sebesar lima persen. Dengan rincian, sebanyak 65 ribu penumpang berangkat melalui pelabuhan tersebut.  Meningkat dibanding tahun lalu sebanyak 62 ribu penumpang. Sementara penumpang yang tiba sebanyak 59 ribu orang.

Jumlah pemudik tahun 2017 untuk seluruh Indonesia diperkirakan sebanyak 19 juta baik yang melalui darat, laut, dan udara. Naik sebesar 8,5 persen dari tahun lalu yang sebanyak 18 juta penumpang.

Sabtu, 17 Juni 2017 (Srf/Er)