Apa hendak  dikata, undang undang membatasi masa jabatan gubernur paling lama dua periode dalam kurun waktu lima tahun untuk satu periode. Seandainya, masa jabatan gubernur bisa tiga periode, besar kemungkinan mantan Wagub Sulsel ini, bakal terpilih lagi.

Dua periode kepemimpinannya dalam  kurun waktu sepuluh tahun, akan tercermin pada momentum Hari Jadi Ke-348 Sulawesi Selatan, yang dihelat pada tanggal 19 Oktober 2017.

Syahrul Yasin Limpo (SYL), sangat  banyak kesan dan keberhasilan, yang  bakal ditinggalkan, birokrat paripurna ini.Pantas saja bila disebutkan keberhasila yang telah diraih mantan Bupati Gowa dua periode itu.

Dibawah  kepimimpinan Syahrul pula,  mampu membangun koordinasi aparat  terkait sehingga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat kondusif. Dengan iklim yang kondusif di Sulsel, laju pertumbuhan ekonomi Sulsel yang terbilang tinggi, diatas 7 % dan jauh melampaui pertumbuhan ekonomi nasional.

Dengan kondisi wilayah pesisir dan potensi lahan pertanian serta perkebunan mengantarkan rakyat Sulsel tidak  tergilas dari himpitin ekonomi global. Hasil bumi Sulsel diantarpulaukan,  stock pangan Sulsel khususnya  beras menghiasai  pasar di  beberapa provinsi di Indonesai. Bahkan, Sulsel tiap tahun masih memiliki stock pangan, “ surplus beras” ribuan ton pertahun. Ini, salah satu buktinya karena keberhasil petani dan nelayan serta pekebun yang menunjukan angka calon haji Sulsel terus bertambah hingga harus terpaksa menunggu 5 hingga 30 tahun untuk diberangkat menunaikan ibadah haji.

Keberadaan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin nan megah, menjadi kebanggaan rakyat Sulsel. Kemegahan bandara dengan ikon nama pahlawan nasional Sulsel, “Ayam Jantan” dati timur menyambut  kehadiran wisatawan baik dalam maupun luar negeri,” manca Negara.” Sektor pariwasatapun menggema.

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, secara resmi membuka jalur underpass Simpang lima Mandai, untuk digunakan pada musim mudik Lebaran 2017.

Peresmian terowongan pertama di kawasan bagian Timur Indonesia tersebut menyedot perhatian masyarakat. Tidak sedikit masyarakat menyempatkan diri untuk melihat, meski dari atas terowongan.

Proyek pembangunan middle ring road atau jalan lingkar tengah di Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar, Rabu (23/11/2016). Proyek yang dipusatkan di Kota Makassar ini panjangnya sekitar 7 Km yang menggunakan alat berat borepile, site file dan Crane 550 ton untuk mendukung pengerjaan yang dilakukan secara bertahap Khusus ditahap awal, ini akan dikerjakan hanya 3 Km dimulai dari Jl Perintis Kemerdekaan, tembus Jl Dr Leimena, Jl Tello Baru, dan Jl Batua. Proyek ini menggunakan dana APBN 2015-2018 sebesar Rp 174 Miliar.

Pembangunan Rel kereta Api yang Makassar hingga Parepare terus digenjot. Dalam pembangunan tersebut,  menjamin warga tidak akan dirugikan.

Progres pembangunan jalan layang poros Maros-Bone (elevated) hingga kini sudah mencapai 54 persen.  Ditargetkan, proyek ini mampu rampung tepat waktu dari target yang diberikan yaitu Maret 2018 mendatang.

Pembangunan Stadion Sepak Bola Barombong merupakan salah satu stadion megah di tanah air, yang dipersembahan bagi rakyat.

Keberhasilan program  pembangunan yang diletakkan pendahulu Syahrul Yasin Limpo patut mendapat pujian oleh rakyat Sulawesi Selatan.

Syahrul Yasin Limpo dengan beberapa gelar akedemik yang disandang, sejak  8 April 2008 – sekarang menakhodai pemerintahan di Sulawesi Selatan dengan meraih 300an  penghargaan dari pemerintah pusat. Penghargaan yang diterima itu, diraih melalui sejumlah program yang dinilai berhasil.

Dalam momen-momen hari ulan tahun (HUT) Sulsel dan daerah, ada-ada saja kejutan yang ditampilkan dari keberhasilan yang diraih. Hari Ulang Tahun Ke-348 Sulawesi Selatan, 19 Oktober 2017 bagian akhir dari momen SYL di Hari Jadi Sulsel tahun, SYL mengakhiri masa jabatan selaku Gubernur Sulsel pada bulan April 2018, disanalah  SYL  memanfaatkan panggung penghormatan  yang disiapkan  panitai HUT  Ke-348 Sulsel,  akan bicara  bagai ‘singa podium’. Tentu saja,    banyak kejutan bakal disaksikan rakyat Sulsel melalui kegiatan akbar  melibatkan banyak pihak, yang  dipersembahkan kepada rakyat.

Sang Komandan, begitu sapaan yang melekat bagi rakyat Sulsel telah menorehkan karya nyata yang monumental. Sangat banyak kesan dan keberhasilan, yang bakal ditinggalkan pamong praja paripurna  itu.

Memang, sedih rasanya, bila SYL yang akan berakhir masa jabatan kedua dari dua periode masa jabatan sebagai Gubernur Sulawesi Selatan, yang berakhir bulan April 2018. Wassalam (Muh Razak Kasim)