Makassar, sulselprov.go.id - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Stastik dan Persandian (Kominfo) Sulsel, Andi Winarno Eka Saputra S STP, M.H, mengajukan rancangan proyek perubahan Optimalisasi Sulsel Satu Data sebagai Kebutuhan Pembangunan Daerah (Om Andalan), pada pelatihan kepemimpinan Tingkat II Angkatan VII, di Kampus Puslatbang KMP LAN jalan Raya Baruga Antang, Senin, 22 Mei 2023.

Dalam paparannya, Andi Winarno menjelaskan, Om Andalan merupakan kebijakan tata kelola data pemerintah yang bertujuan menghasilkan data berkualitas (akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah) sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan serta untuk mendukung proses pengambilan keputusan atau kebijakan berbasis data dan pemberian layanan publik.

Tujuan dari Om Andalan ini, kata Andi Winarno, memberikan kemudahan dalam pelayanan informasi
data (Statistik Sektoral) secara tepat, cepat dan akurat; Meningkatkan kesadaran akan pentingnya data; Meningkatkan kualitas perencanaan berdasarkan data yang mutakhir bagi pengambil keputusan di tingkat daerah, Meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah, Meningkatkan kualitas pengambilan keputusan pimpinan dengan memanfaatkan basis data yang tersedia dengan baik.

"Manfaat dari Om Andalan ini adalah selain untuk bagi Pemprov Sulsel sendiri, juga bermanfaat nasional," kata Andi Winarno.

Untuk itu, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistika dan Persandian mempunyai fungsi membantu Gubernur menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada Pemerintah Daerah.

"Dimana Satu Data Sulsel memiliki fungsi terkait dengan publikasi yang berkaitan dengan Dataset Infografis Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan," ujarnya.

Hal ini, sambungnya, tentu meningkatkan proses digitalisasi pemerintah yang menjadi salah satu aksi pencapaian tata kelola pemerintahan digital yang lincah, kolaboratif dan akuntabel.

"Tentu kita berharap agar para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sulsel dapat membangun kerjasama atau  aliansi yang sinergi dengan pihak eksternal,  para pemangku kepentingan dalam rangka pencapaian target kerja organisasi," harapnya. (*)