*Kemitraan Menjaga Bumi untuk Hari Ini dan Kehidupan Masa Datang

Bertempat di Phinisi Point Mall Makassar, Rabu (05/02/2020) Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan TP PKK, IWAPI, DPLH kabupaten/kota serta mitra lingkungan lainnya menggelar acara lingkungan hidup dengan tema Kemitraan Menjaga Bumi (Recycle for Lifecycle).

Acara ini dihadiri Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Prov Sulsel, Dirjen Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 KLHK, Ketua DPRD Sulsel, Ketua TP PKK Prov Sulsel, Kadis PLH Prov Sulsel, Pj. Walikota Makassar, Konsulat Jenderal Australia, sejumlah pejabat, dan sejumlah komunitas pemerhati lingkungan.

Dalam acara tersebut, Ketua Umum IWAPI Sulsel, Ibu Ida Noer Haris dalam laporannya menyampaikan inti acara yang akan digelar selama 5 hari kedepan ini adalah kampanye anti sampah plastik dan tertib tatakelola sampah di Sulsel termasuk sejumlah agenda yang bertema "Lingkungan yang Ramah dan Berkelanjutan".

Sementara, Ketua TP PKK Prov Sulsel, Ibu Liest F Nurdin, M.Fis dalam sambutannya menekankan kembali say no plastic, KEREEN KI TAUWWA SULSEL, baik itu di lingkungan perkantoran dan juga rumah tangga. "Gunakan thumbler dan tas belanja, tidak hanya itu tapi juga hemat energi. Pencemaran microplastik itu harus kita jaga, pencemaran udara harus kita jaga, kurangi penggunaan tissu, himbauan penghijauan tanam pohon terus dilanjutkan, mari kita jaga lingkungan kita," ajak Liest.

Pada kesempatan itu juga Dirjen Pengelolaan Sampah dan Limbah, Ibu Rosa Vivien Ratnawati, SH, M.Sc dalam sambutannya mengatakan bahwa paradigma sampah dari kumpul, angkut, buang berubah menjadi sampah itu adalah bernilai ekonomi. "Kita prihatin terhadap sampah plastik yang terbuang ke laut lalu dimakan ikan yang kita makan setiap hari," ujarnya.

"Tatakelola sampah itu pendekatan reduce, recycle, reuse of high technology, jadi mari kita bersama jaga bumi," imbuh Rosa.

Sementara, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Prov Sulsel, Drs Muh Firda, M.Si meaakili Gubernur dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemprov Sulsel berkomitmen untuk tertib sampah dan pembangunan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan itu sudah kita tuangkan dalam RPMD 2018-2023 serta Sulsel akan kita jadikan sebagai salah satu daerah percontohan dalam pengelolaan sampah yang modern.

Dalam kesemoatan yang sama, Kadis PLH Sulsel, Andi Hasdullah menjawab media mengatakan bahwa tema lingkungan kali ini yaitu kemitraan menjaga bumi sebuah acara peduli lingkungan yang memuat pesan kepada semua orang untuk cinta dan peduli lingkungan hidup yang sehat, nyaman, ramah dan berkelanjutan.

"Kita berharap pesan agenda ini menular dan terdengar ke tempat lain sehingga terbangun kesadaran peduli lingkungan untuk hari ini dan masa yang akan datang. Mari kita jaga bumi kita," kunci Hasdullah.

Rabu, 5 Februari 2020 (AH, diskominfo)