Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Politik, Abd Haris, membuka Focus Grup Discusion (FGD)  Integrasi Sistem Baruga Sulsel dan Lapor Span Kabupaten dan Kota se Sulsel, di Hotel Grand Asia , Kamis (15-/11/8).

Abd Haris mengatakan perkembangan tekhnologi dengan era digital telah merambah kesemua lini baik dunia bisnis maupun kepemerintahan karena dapat dikendalikan dan dipantau dimana saja. 

"Era perkembangan tekhnologi digital telah berkembang dan merambah kesemua lini termasuk pemerintahan,karena memudahkan untuk dipantau dan dikendalikan," kata Abd Haris. 

"Pemerintah dengan era digital ini harus merubah paradigma yang cenderung tertutup ke terbuka, karena arus informasi begitu cepat dan mudah diakses bahkan di negara maju penggunaan kertas sudah mulai berkurang," lanjutnya.

Abd Haris lebih jauh mengungkapkan, penggunaan tekhnologi akan mengarah pada smart goverment sekaligus meningkatkan mutu pelayanan publik. 

"Sistem yang berbasis elektronik akan meningkatkan mutu pelayanan karena lebih efektif, efisien serta lebih memudahkan masyarakat," imbuhnya. 

Berdasarkan laporan , hingga saat ini ada sekitar 300 aduan yang masuk kebaruga sulsel baik yang sifatnya berat maupun ringan,yang selajutnya disampaikan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait. 

"Melalui kegiatan ini, seluruh peserta diharapkan akan mendapatkan Pemahaman terkait baruga sulsel,serta respon penanganan setiap aduan yang masuk," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Layanan e-Government,Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik, dan Persandian (KISP) Provinsi Sulsel, Lukmanuddin menambahkan, sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan adalah peningkatan pelayanan publik yang efisien dan efektif. 

Kegaiatan ini menghadirkan Narasumber yang ahli dibidangnya termasuk anggota Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TP2D)  Jayadi Nas.

Materi-materi yang diberikan diantaranya, peran TP2D dalam mendorong percepatan program, implementasi E-Goverment, mekanisme aplikasi Baruga Sulsel dan proses aduan serta tindak lanjutnya serta integrasi Baruga Sulsel ke Lapor Span kabupaten dan kota se Sulsel.

Kamis, 15 November 2018 (Srf/Na)