Pemerintah Provinsi Sulsel memberikan perhatian serius terhadap pengembangan potensi industri kecil dan menegah (IKM) di Sulsel, agar mampu bersaing dengan produk yang ada diluar negeri. 

Kepala Dinas Perindustrian Sulsel, Ahmadi Akil mengatakan,Celebes Youth Entrepreneur Show and Shel tahun 2018, yang dilaksanakan di Mal Pipo (29/10/18), merupakan ajang mendorong para wirausaha muda terus maju dan berkembang dengan melahirkan berbagai inovasi baru, produk-produk unggulan. 

"South Sulawesi Creatib Hub menjadi bagian mendorong para pengusaha muda untuk tumbuh dan berkembang dan kegiatan Celebes Youth Entrepreneur Show and Shel tahun 2018, di Mall Pipo adalah rangkaian mempertemukan para IKM dengan Market Fles atau pasar yang difasilitasi oleh Kementrian Perindustrian, Kata Ahmadi. 

Pelatihan Penjualan secara on line juga dilakukan, dengan bekerjasama dengan sofee, sehingga kedepannya pasar produk IKM akan semakin luas, dan diharapkan mampu bersaing hingga kemancanegara, Lanjutnya. 

"Produk IKM sulsel harus bersertifikat halal sebagai persyaratan masuk ke pasar internasional dan saat ini terus dilakukan,termasuk dalam prosesnya mulai dari hilir hingga hulu," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel, Abd Malik Faisal menambahkan Dinas Koperasi dan UKM Sulsel hadir untuk mendukung dan memfasilitasi kreatifitas anak muda Sulsel,agar mampu tersalurkan secara positif.

"South Sulawesi Creatif Hub, hadir untuk memfasilitasi, menyalurkan dan mengembangkan potensi wirausaha muda, termasuk dalam memasarkan Produk-produknya," ungkap Malik. 

"Peningkatan kualitas produk IKM juga terus dilakukan karena ini penting untuk mampu bersaing dan menghadapi pasar internasional, jangan sampai produk kita kalah bersaing dan tidak laku dipasaran," lanjutnya. 

Pada kegiatan ini, para pengusaha muda IKM dapat bertemu dengan pembeli dengan skala yang lebih besar, seperti contohnya ada yang mencari lada untuk diekspor. 

"Tahun 2019 tentunya akan didorong lebih maksimal lagi, karena ini hanya bagian melaunching dan memanfaatkan sisa waktu akhir tahun 2018, sehingga IKM dan pengusaha muda Sulsel akan terus maju dan berkembang," tutupnya.

Senin, 29 Oktober 2018 (Srf/Na)