Makassar, sulselprov.go.id - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Zudan Arif Fakrulloh, membuka Rapat Koordinasi Optimalisasi Data Kependudukan untuk Sukses Pilkada Serentak Tahun 2024, yang dilaksanakan di Hotel Traveler Makassar, Rabu, 10 Juli 2024.

Dalam sambutannya, Prof Zudan mengatakan jika rapat koordinasi ini untuk memastikan kesesuaian data yang dimiliki Dinas Catatan Sipil dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan.

"Yang pertama memastikan data sudah sesuai. Karena setiap Pemilu pasti ada penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT)," kata Prof Zudan.

Namun yang paling penting, bagaimana tugas Dinas Catatan Sipil Sulsel maupun kabupaten kota memastikan bahwa data sudah tersinkron, baik penduduk yang sudah meninggal dunia, pindah, maupun kendala lainnya. 

"Dinas Catatan Sipil menyerahkan data, setelah itu KPU melakukan cek dan tugas Dinas Catatan Sipil melakukan sinkronisasi siapa yang sudah mati, siapa yang pindah dan lain-lain," jelas Prof Zudan. 

Sementara itu, Kepala Dinas Catatan Sipil Sulsel, Iqbal Suhaeb, menyampaikan terima kasih kepada Pj Gubernur Sulsel sudah hadir dalam kegiatan tersebut. Rapat koordinasi ini adalah upaya untuk menyukseskan Pilkada 2024. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Komisioner KPU Sulsel, Komisioner KPU Kabupaten Kota se-Sulsel, dan seluruh pihak terkait lainnya. (*)