Makassar, sulselprov.go.id - Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan mengawali masuk sekolah siswa baru SMA, SMK dan SLB dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Zudan Arif Fakrulloh, memimpin langsung upacara MPLS, yang dipusatkan di Lapangan Upacara Rumah Jabatan Gubernur, Rabu, 10 Juli 2024. 

Dalam arahannya, Prof Zudan menitipkan pesan penting kepada seluruh Kepala Sekolah (Kepsek), Guru, dan Pengawas, serta siswa SMA, SMK, dan SLB se-Sulawesi Selatan. Ia berharap, kepala sekolah, guru, dan pengawas menciptakan sistem pembelajaran, dimana anak-anak merasa bahagia bersekolah.

"Saya harap semua anak yang sedang masuk sekolah ini mendapatkan suasana gembira, mendapatkan suasana Bahagia. Untuk itu, tugas kepala sekolah, guru serta pengawas, agar menciptakan sistem pembelajaran agar siswa selalu bahagia dan selalu gembira dalam proses mengikuti proses belajar mengajar di seluruh SMA, SMK dan SLB di Sulawesi Selatan ini,” pesan Prof Zudan. 

Prof Zudan juga mengingatkan agar seluruh sekolah menghindari kekerasan, kata-kata kasar, serta yang paling penting tidak ada bully baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. 

"Junjung tinggi akhlak yang mulia, adab sopan santun, ini yang harus didorong kalau ingin maju," pungkasnya. 

MPLS Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ini dirangkaikan dengan pembacaan ikrar siswa menggunakan tiga Bahasa, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Makassar. Juga dilakukan pemasangan atribut secara simbolis kepada para siswa. (*)