Makassar, sulselprov.go.id- Segenap personel TNI Angkatan Udara Gabungan Makassar yang terdiri dari Komando Operasi Udara II, Komando Sektor II, Lanud Sultan Hasanuddin, dan Wing Komando II Kopasgat, melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI Angkatan Udara, yang berlangung di Main Apron Base Ops Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Sultan Hasanuddin, Senin (22/4/2024).

Bertindak selaku inspektur Upacara Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji Gautama, S.E., M.M., dan Komandan upacara Danflighthar Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin Mayor Tek Mukarram M.

Pada kesempatan tersebut, Danlanud Sultan Hasanuddin membacakan amanat tertulis Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, bahwa bangga atas capaian prajurit TNI Angkatan Udara yang telah berhasil melaksanakan misi bantuan kemanusiaan “Logistic Air Drop” di jalur Gaza dengan menggunakan pesawat C-130 J Super Hercules.

Lebih lanjut Panglima TNI berpesan pentingnya TNI AU sebagai pengawal dirgantara nasional hendaknya dapat bersikap adaptif terhadap segala perkembangan lingkungan strategis. Termasuk teknologi yang menyertai demi keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa. Mengingat dinamisnya perkembangan global belakangan ini.

"Kondisi geopolitik di Timur Tengah saat ini telah memanas dan di tataran regional Laut Cina Selatan hingga saat ini masih memiliki konflik yang belum dapat diselesaikan hingga tuntas," tambah Panglima TNI.

Panglima TNI berharap peningkatan kemampuan alutsita tersebut menjadikan TNI Angkatan Udara tidak hanya lebih unggul melainkan juga lebih disegani di kawasan.

Di akhir amanatnya, Panglima TNI juga berharap TNI Angkatan Udara mengedepankan faktor humanis untuk membantu kesulitan masyarakat melalui berbagai program dan kegiatan kemanusiaan.

Hadir pada kesempatan tersebut, Irkoopsud II Marsma TNI Zulfahmi, S.Sos., M.Han., Dankosek II Marsma TNI Arief Hartono, S.H., MNSA., serta para pejabat utama Koopsud II, Kosek II, Lanud Sultan Hasanuddin, Wingko II Kopasgat. (*)