Teknologi bedah plastik di Indonesia sudah canggih dan dijamin aman, dimana kemampuan para dokter bedah plastik sudah bisa dibuktikan atas keberhasilan-keberhasilan operasi bedah plastik.

Kualitas, kompetensi dan keamanan bedah plastik di Indonesia sudah setara dengan luar negeri, sehingga hampir semua kebutuhan bedah plastik baik estetik maupun rekonstraksi dapat dilakukan di tanah air tanpa perlu lagi ke luar negeri.

Demikian sambutan Direktur Rumah Sakit Labuang Baji Makassar, dr. Enriko Marentek, Ap. PD, pada acara Pertemuan Ilmiah Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik di Hotel Clarion Makassar, Kamis (26 Mei 2016).

“Saat ini, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah diberlakukan di Negara-negara anggota ASEAN, suatu kesepakatan tingkat regional yang menyatukan wilayah ASEAN,”tambahnya.

“Ketersediaan dan pemerataan dokter di Indonesia masih jauh dari ideal. Beberapa rumah sakit swasta juga masih menerapkan skema fee for service untuk gaji dokter, memberikan peluang gaji dokter menjadi sangat tinggi,”jelasnya.

“Dengan masuknya dokter asing, dokter Indonesia akan bersaing langsung memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat. Dengan begitu, dokter Indonesia perlu mempersiapkan kompetensinya lebih baik, agar bisa memberikan jaminan kualitas, pelayanan, fasilitas yang mendukung,” tegasnya.

“Selain itu diperlukan juga penjaminan mutu dan penawaran program khusus agar dapat menarik wisata medis dari berbagai Negara ASEAN untuk berkunjung ke Indonesia,”imbuhnya.

Kamis, 26 Mei 2016 (Ht/Rst)