Sulawesi Selatan telah mengalami kemajuan di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) hingga pertumbuhan ekonomi.

Peningkatan perekonomian Sulsel diakui memegang peran strategis di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Dengan pangsa PDRB yang mencapai 35,7 persen dari total PDRB KTI, karena itu perkembangan ekonomi Sulsel patut dikawal dengan baik.

Sulsel juga berhasil dalam mengendalikan inflasi yang tergambar dari perkembangan ekonomi dalam lima tahun terakhir yang rata-rata inflasinya sekitar 5,32 persen atau lebih rendah dari inflasi nasional yang tercatat 5,64 persen.

Inflasi Sulsel ini memberikan gambaran bahwa daya beli masyarakat Sulsel dari tahun ke tahun tetap terjaga. Selain terlihat dari penurunan inflasi, perkembangan infrastruktur yang ada saat ini juga menjadi tolak ukur bahwa ekonomi Sulsel memang mengalami peningkatan dan menjadi urutan ketiga nasional.

Beberapa proyek infrastruktur di Sulsel yang dilirik sebagai proyek nasional diantaranya yakni Bandara Buntu Kunik di Tana Toraja, Kereta Api Trans Sulawesi, pelebaran jalan di Kabupaten Maros, Bypass Mamminasata, Underpass Simpang Lima Bandara, jalan lingkar Toraja akses Buntu Kunik, dan peningkatan jalan poros Bantaeng-Bulukumba.

Pertumbuhan ini karena didukung sektor pertanian, kehutanan, konstruksi, industri pengolahan, dan pertambangan sehingga melengkapi kemajuan ekonomi diberbagai sektor.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dalam setiap kesempatannya selalu mengatakan, pertumbuhan ekonomi Sulsel salah satunya dapat dilihat dari banyaknya jumlah kendaraan baik mobil maupun motor sehingga membuat kemaceta dimana-mana.

Perputaran uang di Sulsel setiap tahunnya juga mencapai triliunan rupiah, diantaranya dengan bertumbuhnya hotel dan cafe-cafe yang selalu ramai dikunjungi masyarakat khususnya pada saat weekend dan libur panjang.

Sejalan dengan itu Pemerintah Provinsi Sulsel dibawah kepemimpinan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dan Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang juga mendapat apresiasi dari berbagai pihak baik nasional mapun internasional, diantaranya ditandai dengan banyaknya penghargaan yang telah diraih hingga mencapai ratusan dari berbagai bidang. (Syarifuddin)