Gowa, sulselprov.go.id - Penjabat Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh memimpin upacara hari besar Pramuka Ke-63 tahun tingkat Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan, di Bumi Perkemahan Cadika, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulsel, Rabu, 14 Agustus 2024. 

Ketua Pembimbing Daerah Kwartir Gerakan Pramuka Provinsi Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh juga menyerahkan penghargaan kepada para tokoh yang telah berjasa terhadap Gerakan Pramuka dan menjadi teladan kepada seluruh Gerakan Pramuka. 

Dalam kesempatan tersebut sebagai Mapida Gerakan Pramuka Sulsel Prof Zudan berinteraksi langsung dengan seluruh peserta dan memberikan kesempatan untuk berteduh di depan panggung apel besar Pramuka Sulsel. 

"Sebelum saya mulai, anak-anak ku yang di depan sana, mau berdiri di situ atau maju berteduh di depan sini," ajak Prof Zudan yang disambut dengan riang gembira dari seluruh peserta ucapan peringatan hari besar Gerakan Pramuka ke-63 tahun. 

Kenapa peserta upacara diajak untuk maju di tempat yang sejuk, menurut Prof Zudan ini salah satu implementasi dari nilai-nilai kemanusiaan yang terkandung dalam sila Pancasila. 

"Kita mengutamakan kesehatan dan dalam menjaga NKRI ini, nilai Pancasila harus kita implementasikan, terutama nilai spiritualitas seperti di sila pertama Ketuhanan yang satu, semua agama," jelas Prof Zudan. 

Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Provinsi Sulsel, Adnan Purichta Ichsan menyampaikan selamat datang kepada Pj Gubernur Sulsel sekaligus Ketua Pembina Gerakan Pramuka Provinsi Sulsel, di Bumi Perkemahan H. M Yasin Limpo, Cadika. 

"Izinkan kami menyampaikan pada kegiatan hari ulang tahun ini kita lakukan sedikit berbeda dan tepat dilakukan 14 Agustus. Dimana biasanya dilakukan di kantor Gubernur Sulsel setiap tanggal 18 Agustus," ungkap Adnan dalam sambutan, Rabu 14 Agustus 2024. 

Bupati Gowa dua periode itu memperkenalkan bagaimana proses pembangunan Bumi Perkemahan Cadika ini lewat beberapa tahap, dan tempat tersebut akan dibangun layaknya seperti pusat perkemahan di Cibubur, Jakarta Timur, DKI Jakarta. 

"Sekaligus kami perkenalkan Bumi Perkemahan H.M Yasin Limpo ini kita akan membangun Perkemahan seperti di Cibubur dan menjadi yang terbaik di Indonesia Timur," lanjut Adnan. 

Hadir sejumlah pejabat seperti Ketua DPRD Provinsi Sulsel, para pejabat lingkup Pemprov Sulsel, pejabat lingkup Pemkab Gowa dan seluruh hadirin lainnya. (*)