Makassar, sulselprov.go.id - Pj Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel, Andi Muhammad Arsjad, percaya bahwa peran IKAMI Sulsel sebagai agen perubahan memiliki potensi luar biasa dalam mempercepat pembangunan di daerah.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Andi Muhammad Arsjad saat membacakan sambutan dari Gubernur Sulsel saat menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) XIX Ikatan Mahasiswa/Pelajar Indonesia Sulawesi Selatan (IKAMI Sulsel) Celebes Strategic Forum II dengan Merawat Kebhinekaan IKAMI Sulsel untuk Indonesia, yang dilaksanakan di Kampus I BPSDM, Sulsel, Senin, 28 Agustus 2023.

Untuk itu, dirinya berkomitmen untuk terus mendorong pemberdayaan organisasi ini melalui berbagai upaya seperti peningkatan kapasitas kelembagaan, kolaborasi yang lebih kuat, serta bantuan dan pendampingan yang relevan.

"Saya mengucapkan selamat datang para pengurus dan anggota IKAMI Sulsel dari 65 cabang se-Indonesia. Kehadiran anda semua menunjukkan semangat dan komitmen untuk berkontribusi dalam pembangunan Sulsel khususnya dan Indonesia pada umumnya," ucap Andi Muhammad Arsjad sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Menurutnya, kegiatan Celebes Strategic Forum II dan Munas XIX IKAMI Sulsel menjadi bukti nyata bahwa semangat kolaborasi dan keterlibatan semua elemen masyarakat yang tergabung dalam IKAMI Sulsel, memiliki peranan vital dalam menjaga serta merawat kondisi sosial, ekonomi, dan politik yang kondusif di tanah yang kita cintai ini.

"Saya sangat mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya kegiatan ini. Karena, kita berada dalam era dimana sinergi adalah kunci, dan hari ini kita memiliki kesempatan untuk terus menjalin komunikasi yang lebih erat," katanya.

Untuk itu, dalam mengahadapi dinamika yang ada tidak bisa mengabaikan tanggung jawab untuk menjaga kondisi aman, sosial, ekonomi, dan politik yang kondusif. Karena, IKAMI Sulsel sebagai wadah mahasiswa dari berbagai daerah di Sulsel yang memiliki peran penting dalam memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya persatuan, kebersamaan, dan penghargaan, terhadap peradaban.

Ia juga mengingatkan, bahwa identitas daerah tidak boleh menghalangi semangat persatuan dan kesatuan untuk menjembatani perbedaan bukan untuk memperlebar jurang.

"Saya mengajak semua anggota IKAMI Sulsel untuk bersama-sama mengedepankan semangat inklusivitas dan menghindari konflik sosial yang bisa timbul akibat ketidakpahaman," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan, jika masyarakat Sulsel memiliki kepercayaan bahwa kerukunan dan ketertiban dapat terus pelihara dan meningkatkan nilai-nilai budaya luhur seperti Sipakalebbi, Sipakainge, dan Abulosibattang adalah warisan berharga yang dapat memperkukuh persatuan dalam berbagai aspek kehidupan.

"Saya berharap agar kegiatan ini berjalan dengan lancar, sukses dan bermanfaat serta menghasilkan keputusan-keputusan yang strategis dan visioner untuk kemajuan IKAMI Sulsel," tutupnya.

Hadir via online, Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf RI) Sandiaga Salahuddin Uno. Hadir secara langsung Kapoksahli Pangdam XIV/Hsn Brigjen TNI Heri Sutrisma, dan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. (*)