Sejumlah produk hasil industri rumah tangga dari berbagai daerah di Sulsel akan dipamerkan dalam pameran yang diadakan oleh Tim Penggerak PKK pusat dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-54, di Jakarta pada tanggal 2-4 Oktober mendatang. 

Selain pameran, dalam rangkaian peringatan HKG itu juga akan digelar Rakernas dan Jambore PKK. 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel, Abdul Malik Faisal mengatakan, rencananya rombongan dari Sulsel yang akan menghadiri dan turut berpartisipasi dalam pameran tersebut dipimpin langsung oleh Ketua tim Penggerak PKK Provinsi Sulsel, Lies F Nurdin. 

"Tema pamerannya itu 'membangkitkan kehidupan berkoperasi sebagai pilar ekonomi kerakyatan'. Ibu Lies langsung yang akan memimpin rombongan dari Sulsel. Pameran dan lomba produk industri rumah tangga itu juga sebagai bentuk mendorong Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K)," kata Malik Faisal, Selasa (25/9/2018). 

Menurut Malik, produk-produk industri rumah tangga asal Sulsel yang nantinya dipamerkan merupakan produk yang mewakili budaya empat etnis terbesar di Sulsel. yakni, Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja. 

Produk UKM atau industri rumah tangga dari 24 kab/kota yang akan dipamerkan itu, kata dia, akan dikurasi langsung oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, dan Ketua TP PKK Provinsi Sulsel, Lies F Nurdin.  

"Pak gubernur dan ibu yang menyeleksi dan menilai produk mana yang layak untuk diikutkan pameran dan lomba disana. Tentunya kita berharap, dengan mengikuti pameran dan lomba itu, selain produk UKM kita bisa ketemu pasar, kita juga bisa dapat prestasi, sekaligus memberikan jawaban atas pertanyaan kenapa pertumbuhan ekonomi Sulsel selama ini tinggi. Itu karena di Sulsel UKM benar-benar menjadi pilar ekonomi kerakyatan," ujarnya.  

Staf Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel yang ditunjuk sebagai penanggung jawab penyiapan produk UKM untuk pameran tersebut, Hasnita mengatakan, 
sejumlah produk telah dikurasi secara langsung oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Ketua TP PKK Provinsi Sulsel, Lies F Nurdin. 

"Pak gubernur kagum melihat kemasan produk-produk UKM kita yang sudah bagus. Beliau berpesan, UKM harus konsisten menjaga stok produk, agar jika bekerjasama dengan perusahaan tidak kesulitan menyuplai permintaan," terang Nita. 

Nita menuturkan, awalnya saat semua produk dibawa untuk diperlihatkan, ia mengira hanya beberapa produk yang akan diikut sertakan dalam pameran dan lomba dalam rangka memperingati HKG PKK di Jakarta. Namun ternyata, Ketua Gubernur dan TP PKK Provinsi Sulsel meminta agar semua produk yang diperlihatkan tersebut dibawa untuk diikutkan pameran dan lomba. 

"Pak gubernur dan ibu minta semua produk yang kami perlihatkan untuk dikurasi itu dibawa dan diikutkan pameran. Pak gubernur dan ibu sangat peduli dan mengapresiasi hasil produk UKM dan industri rumah tangga dari berbagai daerah di Sulsel," ungkapnya. 

Selasa, 25 September 2018 (Srf/Na)