Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Ir.H. Agus Arifin Nu'mang meresmikan Kantor Perwakilan PT. Bina Pertiwi United Tractors Industri dan Utility Solutions Sidrap di Watangpulu Kabupaten Sidrap, Kamis (20/7/2017). Kantor yang baru diresmikan itu juga merupakan area show room peralatan pertanian merek Kubota.

Dalam sambutannya, Agus Arifin Nu'mang mengatakan bahwa alat mekanisasi pertanian merek Kubota yang dipasarkan oleh PT Bina Pertiwi merupakan alat pertanian yang tidak asing lagi bagi masyarakat petani, karena menurutnya alat pertanian ini sejak dulu telah digunakan oleh masyarakat Kabupaten Sidrap.

Mantan Ketua DPRD Sulawesi Selatan itu menegaskan bahwa dirinya bersama Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo terus mendorong peningkatan indeks pertanaman padi, dimana kondisi persawahan satu kali tanam menjadi dua kali tanam dalam setahun, begitu juga sawah yang sebelumnya hanya bisa dua kali tanam menjadi tiga kali tanam setahun.

Agus menegaskan, upaya peningkatan indeks penanaman padi itu telah didukung dengan pompinisasi tenaga surya khususnya bagi area persawan yang berstatus sawah tadah hujan. Dengan demikian persawahan terus dialiri air melalui pompa  dari sungai atau sumber air yang ada  di sekitar persawahan.

Ia juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Sidrap untuk megantisipasi terjadinya pengangguran para kelompok kerja tani seperti tukang tanam dan panen padi akibat penggunaan mekanisasi pertanian karena pekerjaannya tergantikan oleh mesin tanam dan mesin panen.

Dia juga meminta kepada PT. Bina Pertiwi untuk mengambil bagian dalam mengatasi pengangguran akibat penerapan mekanisasi pertanian tersebut, dengan merekrut para kelompok kerja tani yang kehilangan pekerjaan akibat penggunaan mesin alat pertanian untuk dipekerjakan sesuai dengan kapasitas mereka.

Pada kesempatan itu, Presiden Direktur PT Bina Pertiwi, Rusli Surya mengatakan bahwa didirikannya kantor sekaligus show room perwakilan PT Bina Pertiwi di Kabupaten Sidrap adalah bertujuan untuk mendekatkan teknologi mekanisasi pertanian dengan masyarakat petani khususnya yang berdomisili di Kabupaten Sidrap dan sekitarnya, sehingga kedepan produksi pertanian masyarakat terus meningkat dan berkualitas.

Kamis, 20 Juli 2017 (Amr/Na)