Badan Informasi Geospasial (BIG) Pusat menggelar Rapat Koordinasi dan Bimbingan Teknis Penguatan Jaringan Informasi Geospasial Nasional di Region Sulawesi yang berlangsung di Hotel Clarion Makassar, Selasa-Rabu, 17-18 April 2018.

Kepala Bappeda, Drs. H. Jufri Rahman, M.Si pada sambutan selamat datangnya mewakili Gubernur Sulsel menyampaikan Rakor ini akan berlangsung selama 2 hari, yakni dari tanggal 17-18 April 2018 dengan tema “Satu Peta untuk Percepatan Pembangunan Daerah”.

Jufri Rahman mengapresiasi atas penunjukan Sulawesi Selatan tepatnya di Makassar sebagai tempat penyelenggaraan acara ini, karena di Sulsel sendiri ada 2 kabupaten sebagai percontohan yaitu Kabupaten Luwu Utara dan Luwu Timur.

“Berdasarkan Perpres Nomor 9 Tahun 2016 tentang percepatan pelaksanaan kebijakan satu peta bahwa seluruh IGT Nasional terintegrasi dan dapat berbagi-pakai data sesuai klarifikasi akses masing-masing IGT,”kata Jufri.

Sementara, Deputi Bidang Infrastruktur Informasi Geospasial, Drs. Adi Rusmanto, MT. melaporkan bahwa berdasarkan surat Kemendagri No. 503/685A/SJ yang ditujukan kepada Gubernur seluruh Indonesia untuk menyiapkan Infrastruktur dan Jaringan untuk kebijakan satu peta bagi pemerintah daerah. “Pemerintah di daerah agar menyiapkan minimal 3 tema IGT yaitu batas wilayah, data tata ruang dan peta kawasan masyarakat hukum adat (MHA),” terangnya.

Acara Rakor dan Bimtek ini diikuti OPD Pemerintah Daerah, Badan Informasi Geospasial, Bappeda dan Diskominfo se Sulawesi, Universitas/ketua PPIDS, Mitra Pembangunan dan undangan lainnya.

Selasa, 17 April 2018 (Mg/Na)