Bertempat di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, berlangsung Rapat Koordinasi  Rakor Persiapan Pelaksanaan The 3rd Bimp-EAGA and IMT-GT Trade Expo, Conference and Business Matching. Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. H. Abd Latif, M. Si, Kamis (25 Agustus 2016).

Abd. Latif dalam sambutannya mengatakan pameran akan dilaksanakan di Hotel Sheraton Makassar selama 3 (tiga) hari, dari tanggal 14 s/d 16 Oktober 2016. Dalam pameran ini akan ditampilkan produk terbaik dan unik dari BIMP-EAGA dan IMT-GT. Jumlah booth (stand) seluruhnya adalah 280 dari 9 Negara yaitu Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, dan Thailand masing-masing 40 stand dan Indonesia 120 stand, Negara mitra (Cina, Jepang, Australia) masing-masing 4 stand memperoleh fasilitas standar dengan ukuran stand 2x3 m2.

“Negara peserta dapat menemukan pasar baru dalam rantai pasokan regional dan dapat menampilkan produk dan jasa serta peluang investasi bagi pengunjung,”lanjutnya.

 “Produk barang dan jasa yang diusulkan yaitu Maritim, Perikanan dan olahannya, Pertanian dan olahannya, Service (termasuk pariwisata), industry, handycraft, infrastructure (logistics). Perusahaan yang akan mengisi stand diwajibkan untuk mengisi jenis produk yang akan ditampilkan dengan jelas untuk dapat diatur pertemuan business matching-nya,”jelasnya.

Sebagai tuan rumah, Abd Latif meminta keamanan, transportasi tamu VIP, Tim kesehatan untuk stand by, jamuan makan siang dan malam selama berlangsung acara, menampilkan budaya Sulsel sesuai jadwal, melakukan kunjungan ke tempat yang telah direkomendasikan oleh Tim.

Selain itu dipersiapkan penanganan tamu VIP, ketersediaan listrik, arus lalu lintas, koordinasi dengan angkasa pura/karantina/bea cukai/imigrasi, penyediaan LO untuk tamu VIP dan mobilisasi pengunjung lokal se-Sulawesi.

Ia berharap dari PT. Mediatama selaku EO untuk bertanggung jawab atas pameran, pembayaran sewa ruangan bersama dengan Kemenko Perekonomian untuk penjualan stand dan untuk mendatangkan buyer, promosi acara secara Nasional/internasional dan manajemen pembukaan dan pihak imigrasi memberikan pelayanan para peserta untuk diarahkan dari Bandara ke tempat penginapan/Hotel.

Kamis, 25 Agustus 2016 (Ht)