Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Sulsel, DR. H. Abdul Haris, SH., MM membuka Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Tk Prov. Sulsel Tahun 2016, di Hotel Sahid, Makassar, Selasa (6 Desember 2016). Dengan tema “Gerakan Ketahanan Pangan Melalui Peningkatan Kualitas Pangan dan Gizi”.

H. Abdul Haris dalam sambutannya mengatakan, pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia hingga pemenuhannya harus dipenuhi secara bersama-sama oleh negara dan masyarakatnya. Pemerintah Indonesia selalu berupaya untuk mencaai kemakmuran rakyat Indonesia salah satunya adalah meningkatkan ketahanan pangan nasional.

“Sulsel yang menyandang predikat sebagai salah satu daerah sentra pangan di Kawasan Timur Indonesia telah memberikan kontribusi besar terhadap pencapaian target produksi dan ketahanan pangan nasional terbesar di luar Pulau Jawa,”jelasnya.

Ia menambahkan, untuk mempertahankan posisi daerah penyangga pangan nasional tersebut maka Pemprov. Sulsel melalui Badan Ketahanan Pangan Daerah Prov Sulsel telah mencanangkan berbagai program untuk meningkatkan produksi pangan, diantaranya mempertahankan tradisi petani, membuat “Lappo Ase” atau istilah saat ini “Lumbung Pangan” untuk menyimpan gabah sebagai cadangan antisipasi kemungkinan terjadi masa paceklik akibat banjir maupun kekeringan.

“Dengan Gerakan Ketahanan Pangan Melalui Peningkatan Kualitas Pangan dan Gizi, diharapkan ketahanan pangan di Sulsel menjadi mandiri dan berdaulat serta pangan yang dikonsumsi oleh masyarakat lebih berkualitas dan bergizi,”terangnya.

“Untuk itu pelaku dunia usaha serta stakeholder terkait dapat meningkatkan produksi dan produktivitas, komoditas unggulan serta menggali potensi komoditas ekspor baru di kabuaten/kota melalui gerakan Peningkatan ekspor Sulsel 3 (tiga) kali lipat. Ekspor komoditi Sulsel telah dilakukan secara Direct Call (pengapalan landsung) dari pelabuhan Makassar ke Malaysia, China, Hongkong dan Philipina,”jelasnya.

Ketua Panitia melaporkan, maksud dan tujuan diadakannya Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Tk Prov. Sulsel Tahun 2016 adalah untuk meningkatkan koordinasi dalam rangka pemantapan ketahanan pangan di Sulsel, mengevaluasi pelaksanaan kebijakan ketahan pangan di provinsi dan kab/ko dan menetapkan langkah-langkah operasional dalam membangun ketahanan pangan di Sulsel. Turut hadil dalam Rakor ini, Sekda selaku Ketua Harian Dewan Ketahan Pangan Prov Sulsel, Kepala Badan Ketahan Pangan Kementerian Pertanian selaku Sekretaris Dewan Ketahan Pangan, Para anggota DKP, Ketua/Anggota Pokja DKP, Para Kepala Badan/Kantor yang menangani ketahan pangan kab/ko selaku sekretaris DKP kab/ko.

Selasa, 6 Desember 2016  (Rs/Tn)