Asisten IV Bidang Administrasi Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. Ruslan Abu, SH., MH, membuka acara Rapat Pengembangan Kerjasama Daerah TA 2016 yang berlangsung di Hotel D’Maleo Makassar, Kamis (26/10/2016).Ruslam Abu dalam sambutannya mengatakan, forum ini dirancang sebagai suatu sarana yang sangat strategis bagi pengembangan kerjasama, baik kerjasama antar kabupaten/kota, provinsi dengan provinsi dan pihak ke tiga dan pihak luar negeri, untuk secara bersama-sama memberikan kontribusi pemikiran dan aspirasi yang konstruktif serta memberikan masukan bagi upaya-upaya tindak lanjut yang diperlukan dalam rangka memperkuat sektor pembangunan di segala bidang.

“Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah banyak bekerjasama dengan daerah lain, kerjasama dengan pihak ketiga, pihak luar negeri, sehingga pelaksanaan kerjasama dapat berjalan sesuai dengan kesepakatan apa yang diperjanjikan dalam Perjanjian Kerjasama dan mengarah kepada tujuan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah,”lanjutnya.

“Pelaksanaan kerjasama adalah sharing capabilities dan sharing peningkatan nilai ekonomi kita, salah satunya adalah dijembatani oleh kerjasama ekonomi di berbagai bidang. Untuk itu sinergitas, keterpaduan dan keselarasan dalam kerjasama untuk diaplikasikan di lapangan, mutlak diperlukan karena inilah inti dari kerjasama yang diadakan,”jelasnya.

Menurutnya, forum kerjasama ini menjamin terwujudnya kepercayaan dan mendorong para investor untuk berinvestasi di Provinsi Sulawesi Selatan yang mendukung pengembangan kerjasama diberbagai sektor, antara lain sektor pertanian, kelautan dan perikanan, pariwisata, perhubungan, perindustrian dan perdagangan dan sektor lain yang mendukung pengembangan kerjasama.

Dengan demikian, meningkatnya permintaan dan penawaran kerjasama seperti kemaritiman pengolahan hasil tani, cacao, produksi rumput laut dan meningkatnya wisatawan yang diiringi dengan pertumbuhan kontribusi ekonomi sektor hotel dan restoran, serta meningkatnya jasa angkutan udara melalui penambahan rute penerbangan.

Ia berharap arah pengembangan kerjasama selalu mengakomodasikan masukan dan substansi yang lebih banyak untuk dikerjasamakan. Oleh karena itu, saya memandang partisipasi saudara-saudara dalam upaya meningkatkan kerjasama secara intens perlu terus ditingkatkan serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerjasama daerah dan pihak ketiga di Sulawesi Selatan, yang tetap sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan melahirkan solusi – solusi yang dapat bermanfaat bagi pengembangan kerjasama di daerah.

Kamis 26 Oktober 2016 (Ht)