Asisten  II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Setda Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. H. Andi Sukri Mattinetta membuka acara Rapat Teknis Tim Pengendalian  Inflase Daerah (TPID) Prov. Sulsel Tahun 2017 di Ruang Rapat Pimpinan, Kantor Gubernur, Senin, 20 Maret 2017.

H. Andi Sukri Mattinetta dalam arahannya mengatakan, tahun 2016 lalu pertumbuhan ekonomi Sulsel mencapai 7,41 % dan laju inflasi dapat kita kendalikan pada angka 2,49 %. Target inflasi tahun 2017 ditetapkan sebesar 4 % kurang lebih 1 % dan 2018 -2021 target inflasi sebesar 3,5 % kurang lebih 1%, target tersebut akan dicapai apabila pengendalian inflasi diimplementasikan dengan baik di masing-masing sona kab/kota.

“Capaian hasil inflasi yang rendah sesuai sasaran target inflasi Sulsel, tentunya merupakan kerja keras kita bersama, keterlibatan pemerintah kab/ko untuk ikut serta menjaga stabilitas harga sangat kami apresiasi mengingat porsi pembentukan inflasi bersumber dari lima zona kab/kota sebagai samplel perhitungan inflasi Sulsel,”lanjutnya

Ia menambahkan, dalam rapat teknis ini juga akan membahas tentang Pengukuran kinerja TPID 2016, Program kerja TPID yang akan dilaksanakan tahun 2017, Anggaran APBD yang dialokasikan dalam pengendalian inflasi di daerah, UMKM binaan Pemda untuk mendorong akses kredit, Program pengembangan komoditas pangan unggulan dan atau klaster, dan Pengembangan harga produksi, konsunsi dan perdagangan antar daerah.

Langkah kongkrit yang telah dan akan dilakukan oleh TPID adalah mendorong pengembangan pusat informasi harga pangan strategis (PIHPS) dalam hal ini SIGAP pada Sekretariat TPID Prov.Sulsel dan kedepan diharapkan SIGAP juga ada di masing-masing kab/kota.

“SIGAP Sulsel dapat diakses melalui internet dengan portal informasi harga pangan, kedepan SIGAP akan diintegrasikan secara nasional. Mendorong pengembangan system resi gudang di kab/ko sebagai salah satu piranti untuk menjaga stabilitas pangan, baik dari segi kesediaan mauun dari sisi harga, terutama diwilayah yang menjadi sentra penghasil pangan,”pungkasnya.

Senin, 20 Maret 2017  (Rs/Tn)