Makassar, sulselprov.go.id - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Zudan Arif Fakrulloh diwakili oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setda Sulsel, Muhammad Rasyid melaunching sejumlah layanan fasilitas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji Makassar, Rabu, 31 Juli 2024. Kegiatan ini menjadi rangkaian dari HUT UPT RSUD Haji Makassar ke-32, dengan tema "Akselerasi Kualitas Pelayanan Kesehatan Menuju Indonesia Emas".

Adapun 4 layanan ruang tambahan yang diresmikan, yakni ruang Intensif Care Center Unit (ICCU), High Care Unit (HCU), Neonatal Intensive Care Unit (NICU), dan Pediatric Intensive Care Unit (PICU).

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahiim, saya resmikan layanan ruang tambahan ICCU, HCU, NICU dan PICU di RSUD Haji Makassar untuk digunakan oleh masyarakat Sulawesi Selatan dengan sebaik- baiknya," kata Muhammad Rasyid.

Dalam sambutan Pj Gubernur Sulsel, Asisten 1 Setda Sulsel menyampaikan, bahwa kehadiran fasilitas-fasilitas kesehatan ini merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Provinsi Sulsel. Mengingat, rumah sakit ini salah satu dari 8 RSUD milik Pemprov Sulsel.

"Saya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran Rumah Sakit Umum Daerah Haji Makassar atas dedikasi dan kerja kerasnya dalam mewujudkan layanan kesehatan ini. Keberhasilan dalam membangun dan melengkapi fasilitas-fasilitas ini menunjukkan komitmen yang tinggi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," ujarnya.

Ia menyampaikan, pemerintah terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas fasilitas RSUD yang dibarengi dengan pelayanan kesehatan yang berkualitas. "Dengan adanya layanan ICCU, HCU, NICU, dan PICU di RSUD Haji Makassar, kita terus melangkah maju dalam memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat. Untuk itu, saya berharap kepada seluruh manajemen RSUD Haji Makassar agar ruang pelayanan ini dikelola dengan profesional agar dapat menjadi layanan unggulan terbaik di Sulawesi Selatan dan dapat meningkatkan angka kesembuhan dan kualitas hidup pasien," tuturnya.

Direktur RSUD Haji, dr . Evi Mustikawati Arifin mengatakan, RSUD Haji juga memberikan layanan unggulan berupa layanan Bronchoscopi dan pemeriksaan BERA (Brain Evoked Response Auditory) yaitu pemeriksaan pendengaran untuk deteksi indikasi ketulian dini pada anak, ambulans Peduli Mamminasata, Home Care Fisioterapi, serta pelayanan stunting terpadu.

RSUD Haji juga sebagai Rujukan Stunting di Sulsel. Upaya penurunan stunting juga sejalan dengan program prioritas Pj Gubernur Sulsel Prof. Zudan Arif Fakrulloh.  

"Alhamdulillah, untuk inovasi RSUD Haji yakni Sadar Tolal Stunting Terpadu Mamminasata (SATSET'MA) telah meraih predikat inovasi replika terbaik pada kluster Provinsi oleh KemenPAN-RB RI," katanya.

Ia berharap, dengan kegiatan hari ini, dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Sulsel, terutama menciptakan generasi Indonesia Emas 2045.

Sebelum kegiatan peresmian ini, rangkaian acara ulang tahun UPT RSUD Haji Makassar ke-32 ini, telah mengadakan Aksi Donor Darah, Senam Sehat dan Jalan Santai, serta pemberian souvenir dan goodie bag kepada pasien rumah sakit dan pasien stunting. (*)