Bulukumba, sulselprov.go.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba menggelar Zikir dan Doa Kebangsaan menyambut Pemilu serentak tahun 2024. Zikir dan doa digelar di Masjid Islamic Center Dato Tiro (ICDT) Bulukumba, Senin, 12 Februari 2024.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bulukumba, Muh Ali Saleng menjelaskan bahwa zikir dan doa kebangsaan merupakan kegiatan kolaborasi antara Pemda, Forkopimda, Kemenag, serta seluruh lapisan masyarakat.

Menurutnya zikir dan doa kebangsaan ini, akan menjadi filter untuk sama-sama menyukseskan pemilu secara damai, aman dan tertib. Sebab, kesuksesan pemilu tak terlepas dari peran bersama.

"Perbedaan pilihan politik harus disikapi secara dewasa. Jangan dijadikan sebagai ajang memecah belah warga masyarakat Bulukumba," kata Ali Saleng dalam sambutannya mewakili Bupati Bulukumba.

Ia lebih jauh mengajak seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama menghargai perbedaan pilihan politik. Baginya, perbedaan adalah sunnatullah yang tak bisa dihindari.

"Perbedaan hanya sampai pada 14 Februari 2024, atau pasca pemungutan suara saja. Selanjutnya kita kembali bersatu untuk menyongsong Bulukumba yang lebih maju dan sejahtera," kata Ali Saleng.

Di momentum ini juga, Ali Saleng meminta peran serta masyarakat dalam mencegah terjadinya konflik-konflik horizontal. Apalagi kalau hanya soal perbedaan pilihan politik.

"Mari senantiasa memonitor berbagai persoalan di masyarakat yang bisa menimbulkan kegaduhan di wilayah masing-masing," pintanya.

Selain Sekda Ali Saleng dan Forkopimda Bulukumba, zikir dan doa kebangsaan juga dihadiri oleh Kadis Kominfo dan Persandian Bulukumba Daud Kahal bersama beberapa pimpinan OPD (organisasi perangkat daerah) lainnya, serta seribuan masyarakat. (*)