Makassar, sulselprov.go.id - Penjabat Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Andi Muhammad Arsjad silaturahmi dan santap malam jajaran Pemerintah Provinsi bersama para peserta Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), di Aula Tudang Sipulung, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jumat malam 3 November 2023.

Dalam penyambutannya, Andi Muhammad Arsjad mengatakan ICMI merupakan organisasi yang dekat di hati masyarakat Sulawesi Selatan. Organisasi ini juga dekat dengan beberapa tokoh intelektual yang lahir di Sulawesi Selatan.

"Yang tentu kita sangat kenal pemimpin negara ini salah satunya bapak BJ Habibie yang juga adalah pendiri ICMI," ucapnya.

Dalam perjalanannya, lanjutnya, ICMI tetap berkomitmen menjadi wadah bagi para organisatoris, para pemikir visioner yang mengedepankan ilmu pengetahuan dalam balutan spiritualisme dan kemanusiaan.

Andi Muhammad Arsjad mengungkapkan, ICMI lahir dengan semangat memajukan sumber daya manusia melalui ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa melepas tanggung jawab keumatan.

"Untuk itu organisasi ini menjadi salah satu garda terdepan dalam mendidik dan mencetak generasi unggul manusia-manusia yang kelak mengemban tugas kepemimpinan bangsa kita. Tujuan dan spirit ini sudah sepatutnya kita jaga,l dan teruskan, dan melanjutkan regenerasi visi misi dan organisasi ICMI," ungkapnya.

Forum Silaknas ICMI 2023 yang akan digelar pada Sabtu 4 November hingga Minggu 5 November, kata Andi Muhammad Arsjad, diharapkan bisa memberikan masukan yang konstruktif bagi bangsa, termasuk bagi Sulawesi Selatan dalam menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan saat ini, diantaranya terkait kemiskinan ekstrim, inflasi, stunting, persoalan petani, pangan dan lain sebagainya.

Selain itu, lanjut Andi Muhammd Arsjad, forum Silaknas ini diharapkan bisa melahirkan pemikiran-pemikiran dan solusi bagi tantangan dan permasalahan yang dihadapi oleh bangsa.

"Dengan hadirnya para cendikiawan ICMI di Sulawesi Selatan dapat menjadi kesempatan bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk saling berbagi pengetahuan serta mengilhami inovasi dan kolaborasi guna mewujudkan pemerataan dan keadilan," tegasnya.

Sementara itu, Sekertaris Jenderal (Sekjen) ICMI Yuliani Paris menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang telah memberikan sambutan luar biasa kepada para pengurus ICMI, baik pengurus pusat maupun para pengurus Organisasi Wilayah dari berbagai provinsi di Indonesia.

"Saya mewakili Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang telah mengundang kami para pengurus ICMI dan pengurus Organisasi Wilayah. Malam ini kita di jamu dengan luar biasa," ungkapnya.

Dalam sambutannya, Yuliani juga menyampaikan, pelaksanaan Silaknas ICMI yang akan digelar selama dua hari di Kota Makassar ini akan menghadirkan para Calon Presiden untuk menyampaikan visi misinya.

Menurutnya, pada hari pertama pelaksanaan Silaknas yakni Sabtu 4 November, akan ada dua calon presiden yang dijadwalkan menyampaikan visi misinya kepada para peserta Silaknas ICMI 2023.

"Tentunya kita berharap nantinya visi misi karena diadakan di Sulawesi Selatan, tentunya kita minta komitmen calon presiden terkait pembangunan di Indonesia timur. Nanti yang akan hadir Besok (Sabtu 4 November) dua calon presiden Pak Ganjar dan Pak Prabowo," ucapnya .

"Untuk hari selanjutnya Pak Anis Baswedan  yang sudah confirm. Mudah-mudahan tidak ada perubahan hadir.  Juga kita harapkan tentunya membawakan visi misinya terkait pembangunan di Indonesia Timur dan pembangunan Indonesia secara menyeluruh," tegasnya.

Pada kesempatan itu, Yuliani juga menyampaikan sejumlah rangkaian agenda pelaksanaan Silaknas, diantaranya, Seminar dan National Leadership Camp yang telah dilaksanakan di Kampus Universitas Hasanuddin sejak 1 November hingga 3 November dengan menghadirkan pembicara, Seperti Mahfud MD dan juga Sandiaga Salahuddin Uno. (*)