Makassar, sulselprov.go.id - Demi kelancaran acara penyerahan bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia Senin 27 Mei mendatang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menghimbau agar lapangan upacara Kantor Gubernur Sulsel, di Jl. Urip Sumoharjo Makassar di kosongkan. 

Imbauan tersebut merupakan upaya untuk memudahkan proses penyerahan bantuan, dan akan dihadiri ratusan masyarakat penerima manfaat dari Kementan RI. 

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Pemprov Sulsel, Andi Arwin Azis mengaku, imbauan tersebut memang disampaikan lebih awal agar tidak terjadi penumpukan kendaraan saat hari H kegiatan tersebut. 

"Itu kan himbauan, bisa di perkirakan itu kalau kita tidak menghimbau kami akan di salahkan kalau tiba-tiba pagi penuh dengan 2.000 orang kendaraannya. Makanya kita antisipasi menyampaikan untuk menghimbau teman-teman sedapat mungkin kiranya untuk sementara waktu di antara jemput dulu," urai Andi Arwin Azis kepada awak media, Sabtu, 25 Mei 2024. 

Menurut Andi Arwin, untuk pejabat bisa di antar sama sopirnya dan di drop, kemudian bisa parkir di tempat lian dulu. "Ini kan tidak satu bulan, karena hanya satu hari, itupun acaranya paling lama dua jam," lanjutnya. 

Lebih jauh Andi Arwin menjelaskan, ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di kantor Gubernur Sulsel saat acara berlangsung. "Ini kan acaranya tidak setiap hari. Ini upaya kita melakukan rekayasa parkir, rekayasa lalu lintas agar nanti tidak menimbulkan kemacetan parah," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Dinas Kominfo SP Sulsel, Fitrah menjelaskan memang sudah menjadi kebiasaan ketika ada acara besar, atau upacara hari-hari tertentu lapangan kantor Gubernur Sulsel dikosongkan lewat imbauan minimal 2-3 hari sebelum acara dimulai. 

"Imbauan itu disampaikan agar tidak membuat kemacetan. Dengan di parkirakan di sejumlah tempat parkir yang tersedia akan menghindari kepadatan kendaraan, karena tamu undangan yang hadir sekitar 2000 orang nantinya," jelas Fitrah kepada awak media, Sabtu, 25 Mei 2024. 

Imbauan ini bukan kali pertama disampaikan, pasalnya hampir semua kegiatan baik internal Pemprov Sulsel maupun kegiatan antara Pemprov Sulsel dengan kementerian memang ada penyampaian khusus parkiran demi kelancaran acara tersebut. 

"Di Kantor Gubernur kan ada beberapa space parkiran kendaraan, salah satunya di lapangan upacara di belakang, biasanya digunakan untuk parkiran pegawai. Itu yang kami imbau tidak memarkirkan kendaraan pada hari Senin, karena akan ada bantuan dari Menteri Pertanian yang akan diserahkan di Lapangan," tutur eks Kadis Kominfo Toraja Utara itu. 

Diketahui, Kementan RI akan menyerahkan bantuan senilai Rp 300 Miliar untuk masyarakat Sulsel. Penyerahan bantuan tersebut sebagai upaya peningkatan produksi pangan dan kesejahteraan petani. (*)