Makassar, sulselprov.go.id - Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Jufri Rahman menghadiri pelaksanaan wisuda Sidang Terbuka Senat Akademik Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar, di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sabtu, 12 Oktober 2024.

Sidang terbuka tersebut dihadiri langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno.

Jufri Rahman mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulsel mengapresiasi pelaksanaan wisuda tersebut dan mengaku bangga dengan kualitas para mahasiswa Poltekpar Makassar.

Bahkan, Jufri Rahman mengakui, wisudawan Poltekpar Makassar adalah tenaga yang sudah siap untuk masuk ke industri tenaga kerja karena Poltekpar sudah cukup populer di berbagai negara dan di industri perhotelan.

"Menteri sudah datang melakukan wisuda dan sangat luar biasa karena seluruh wisudawan dari Poltekpar itu sudah mengiyakan saja, terserah oleh pasar. Mereka itu kualitasnya diakui karena senior-seniornya itu yang telah bertugas ternyata mereka menunjukkan kelasnya, kualitasnya. Sehingga nama Poltekpar itu cukup populer diluar negeri, di Timur Tengah, di hotel-hotel, dan di Eropa pada umumnya," ungkapnya.

Dengan kualitas wisudawan yang sudah teruji tersebut, Jufri Rahman menegaskan, Pemerintah Provinsi Sulsel patut mendukung program-program akademik yang dijalankan oleh Poltekpar Makassar.

"Saya kira kita patut mendukung. Pemerintah Provinsi tentu mendukung dan tadi sudah dibuktikan juga waktu Pak Menteri selesai meresmikan Masjid Poltekpar, kita dijamu makan dengan standar internasional seperti itu. Kualitas layanan hotel berbintang lima dan itu patut kita apresiasi dan kita tentu bangga," ujarnya.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno memuji pelaksanaan wisuda 561 mahasiswa Poltekpar Makassar yang digelar di Anjungan Pantai Losari tersebut. 

Menurutnya, pelaksanaan wisuda ini sudah sesuai dengan yang diharapkannya. Sebagai perguruan tinggi yang konsen pada bidang pariwisata sudah seharusnya digelar di lokasi wisata yang menjadi ikon dari kota tempat pelaksanaan wisuda tersebut.

"Konsepnya bagus dan ini sudah sesuai dengan apa yang saya inginkan agar ini digelar di lokasi wisata yang ikonik yang ada di kota tersebut," ungkapnya.

Sandiaga yang akrab disapa Mas Menteri ini juga menuturkan, dengan konsep wisuda yang digelar di lokasi wisata seperti itu, maka akan memberi dampak terhadap penumbuhan perekonomian daerah melalui hotel-hotel, tempat kuliner, dan bagi para pelaku ekonomi kreatif yang ada disekitar lokasi wisata.

Selain itu, Menteri yang akan mengakhiri masa jabatannya pada 20 Oktober tersebut, juga menyampaikan kepada para wisudawan dan juga kepada Poltekpar untuk dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar dapat terserap di dunia kerja, serta dapat terus melakukan inovasi dan bisnis kreatif. (*)