Makassar, sulselprov.go.id - Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Jufri Rahman menghadiri rilis berita Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulsel mengenai indikator strategis Bulan Agustus 2024, yang dilaksanakan di Ruang Bawakaraeng Kantor BPS, Senin, 2 September 2024. Ia menyampaikan apresiasinya kepada BPS sebagai lembaga yang menyediakan berbagai data yang dibutuhkan sebagai dasar perencanaan dan pengambilan kebijakan serta alat monitoring dan evaluasi atas proses pembangunan yang telah dilakukan.

Menurut Jufri Rahman, sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, BPS bertanggung jawab menyediakan statistik dasar, statistik sektoral, dan statistik khusus. Data statistik ini merupakan salah satu pilar penting dalam perencanaan dan evaluasi pembangunan. 

"Data ini bukan hanya angka, melainkan cerminan kondisi social ekonomi Sulawesi Selatan yang menjadi dasar bagi perencanaan dan pengambilan kebijakan," kata Jufri Rahman.

Selain itu, berbagai nilai indikator strategis yang dirilis hari ini adalah data yang sangat memegang peranan penting dalam pengambilan keputusan, serta tersedianya parameter demografi serta karakteristik penduduk lainnya untuk menghasilkan indikator dan capaian pembangunan.

"Saya menaruh harapan yang besar atas ketersediaan data indikator strategis Sulawesi Selatan ini benar-benar dapat dimanfaatkan oleh segenap stakeholder, baik pemerintah, akademisi, serta masyarakat luas. Dan saya juga meminta BPS untuk proaktif meningkatkan koordinasinya dengan seluruh stakeholder terkait agar data yang dihasilkan oleh BPS dapat dioptimalkan dalam perencanaan kebijakan dan evaluasi berbagai program pembangunan," ucap Jufri Rahman.

Hal ini, kata Jufri Rahman, sesuai arahan dari Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakhrulloh, yang berharap data yang dirils hari ini dapat mengoptimalkan pembangunan berbagai sektor. Dan kepada para petugas dan mitra statistik agar dapat terus meningkatkan kinerja dan komitmennya dalam setiap pendataan sehingga menghasilkan data yang berkualitas sesuai kondisi lapangan yang sebenarnya.

"Saya mengajak kita semua bekerja bersama dengan data, karena dengan data kita bisa tingkatkan prestasi bangsa. Sekali lagi terima kasih kepada BPS Sulsel, semoga apa yang telah kita kerjakan memberikan manfaat bagi masyarakat dan merupakan sumbangsih kita untuk Indonesia tercinta," ucapnya.

Turut hadir, Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulsel Rizki Ernadi Wirnanda. (*)