Didampingi Sekretaris Kesatuan Bangsa dan politik (Kesbangpol) Sulsel Askari, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Abdul Hayat Gani memimpin upacara Hari Bela Negara yang ke-72 tahun 2020, melalui zoom meeting yang dilangsungkan di Rumah Jabatan (Rujab) Sekda, Sabtu, 19 Desember 2020.

Sekprov Sulsel mengatakan ditengah pandemi covid-19, upaya bela negara yang harus dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sulawesi Selatan adalah menjadi agen yang memberikan edukasi terkait protokol kesehatan dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

"Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan ASN di Sulawesi Selatan dapat menjadi agen yang memberikan edukasi protokol kesehatan yaitu memakai masker,mencuci tangan serta menjaga jarak dan pelayanan maksimal kepada masyarakat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya,"ungkapnya.

IamMenyebutkan Untuk menanamkan jiwa bela negara dan nasionalisme harus dilakukan sejak dini termasuk disekolah-sekolah.

"Kedepannya kita akan memperkuat di sekolah-sekolah, jika perlu ada materi-materi yang ditanamkan sejak dini kepada generasi milenial."sebutnya.

Abdul Hayat Gani juga mengaku pemerintah provinsi (pemprov) secara proaktif telah melakukan berbagai hal terutama di kabupaten/kota dalam memperkuat cinta tanah air.

"Filosofi dari bela negara itu adalah bagaimana memperkuat cinta tanah air. Tentunya kita memulai di kabupaten/kota, kalau kabupaten/kota kuat, imbasnya ke provinsi dan jika provinsi kuat, Indonesia akan hebat,"ujarnya.

Ia menambahkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terus dilakukan untuk meningkatkan integritas sebagai warga negara

"Integritas sebagai warga negara harus terus ditingkatkan,Jangan hanya gara-gara indomie, beras 1 liter, integritasnya sudah menurun, terutama di daerah perbatasan seperti, Filipina, Malaysia,"tutupnya 

Sementara itu, Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto menyampaikan bahwa kesadaran bela negara menjadi modal sosial bangsa untuk membangun jati diri dan ditengah pandemi covid-19, upaya bela negara yang harus dilakukan bersama adalah memutus rantai penularan virus berbahaya ini.

"Saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air di era kekinian di mana ancaman pandemi covid 19 masih belum berakhir,upaya bela negara  adalah dengan mengatasi pandemi covid diantaranya mematuhi protokol kesehatan yaitu mengikuti 3M. Mulai memakai masker, menjaga jarak aman dan mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun."pungkasnya.

Peringatan hari bela negara tahun ini, mengangkat tema "Semangat Bela Negara Wujudkan SDM Tangguh dan Unggul".

Sabtu, 19 Desember 2020