Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani membuka rapat koordinasi (Rakor) terkait progres pelaksanaan perekaman KTP Elektronik di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur, Kamis, 19 November 2020.

Sekprov Sulsel Mengatakan Provinsi sulsel harus menjadi yang terbaik dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak sehingga semuanya harus dipersiapkan dan dilaksanakan dengan baik. 

"Kita ingin Sulsel menjadi yang terbaik dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.Sehingga pemerintah tentu harus memastikan, semua berjalan lancar sesuai regulasi yang ada, termasuk memastikan administrasi kependudukan. 

Ia menyebutkan pelaksanaan pilkada serentak disulsel harus kondusif dan aman.

 "Kita ingin menjadi contoh pelaksanaan pilkada serentak yang kondusif, kita pastikan administrasi kependudukan kita Menjamin konstitusi masyarakat kita dalam memperoleh KTP elektronik," tegasnya

Sementara itu Ketua KPU Sulsel, Faisal Amir, mengatakan, KPU dan dinas catatan sipil terus melakukan koordinasi untuk memastikan seluruh Daftar Pemilih Tetap (DPT) di 12 kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada,berjalan baik. 

"Masih ada masalah yang belum selesai karena masih banyak yang belum melakukan perekaman e-KTP,sehingga  KPU dan Dinas Catatan Sipil terus berkoordinasi, dan datanya bergerak terus. Kita tidak ingin ada yang tidak memilih karena persoalan administrasi," kata Faisal.

Ia Menyebutkan Rapat koordinasi ini bukan untuk saling menyalahkan.Tapi untuk membangun komitmen agar permasalahan Administrasi kependudukan selesai sebelum tanggal 8 desember. 

"Waktu yang tersisa 20 hari,Tapi masih menyisakan ribuan angka DPT yang belum melakukan perekaman e-KTP. Sehingga, penting untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan menyamakan persepsi,"sebutnya. 

Faisal berharap sebelum tanggal 9 sudah harus zero sehingga Semua masyarakat yang mempunyai hak pilih bisa memilih.

"Datanya harus dipertemukan. Tanggal 8 Desember itu, sudah harus zero, dan masyarakat bisa memilih pada tanggal 9 Desember,"harapnya. 

Diketahui rakor ini diikuti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan KPU 12 Kabupaten/Kota yang melaksanakan pilkada.

Kamis, 19 November 2020 (Diskominfo)