Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani, menerima kunjungan Badan Akuntabilitas Publik (BAP) DPD RI, untuk membahas sengketa lahan SMA Negeri 4 Makassar yang berlokasi di Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar., di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (24/6).

Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel mengaku sangat mengapresiasi kunjungan BAP DPD RI untuk melakukan rapat dengar pendapat (RDP) bersama semua pihak terkait.

" Kami sangat mengapresiasi kunjungan Bapak, Ibu saat ini. Kita ingin problem yang ada kita tawarkan sesuai regulasi. Mudah-mudahan RDP ini mendapat hasil," ungkapnya. 

Melalui pertemuan ini, tentunya Pemprov Sulsel, Pemkot Makassar, BPN Wilayah Sulsel, BPN Kota Makassar, dan seluruh stakeholder akan menindaklanjuti berdasarkan regulasi yang ada, untuk penyelesaian kasus tanah ini. 

" Apa yang bisa kita sampaikan soal informasi untuk didiskusikan silahkan untuk disampaikan. Yang jelas yang kita mau bahas hari ini adalah di Kota Makassar, karena Pemprov Sulsel adalah penanggung jawab keseluruhan daerah di Sulsel," sebutnya.

Sekprov Sulsel berharap melalui fasilitasi dan dukungan DPD RI sengketa lahan seluas 26 ribu meter persegi ini bisa segera selesai.

" Semoga melalui dukungan DPD RI masalah sengketa lahan SMA Negeri 4 Makassar, bisa segera selesai sesuai dengan regulasi," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I BAP DPD RI, dr Asyera Respati A Wundalero, menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh stakeholder yang hadir pada RDP tersebut. Apalagi, RDP ini merupakan pertemuan terbuka untuk umum dan semua harus mengetahui kasus-kasus seperti ini. 

" Kami berharap memang rapat ini memberikan solusi yang terbaik dengan peraturan dan regulasi yang ada," kata senator daerah pemilihan Provinsi NTT itu.

Ia juga mengaku kedatangannya di Kota Makassar kali ini memang khusus untuk menindaklanjuti aspirasi masyarakat Kota Makassar, saat salah satu senator DPD RI asal Sulsel melakukan reses belum lama ini. 

" Kami datang ke sini untuk menjembatani aspirasi rakyat yang disampaikan melalui senatornya, Ibu Lily, bersama dengan senator se-nusantara," tuturnya.

Hal serupa disampaikan Anggota DPD RI Dapil Sulsel, Lily Amelia Salurapa. Mengaku bersyukur, karena saat membawa kasus ini di BAP DPD RI  langsung ditindaklanjuti.

" Kami sudah dua kali melakukan rapat virtual maupun fisik. Teman-teman saya di BAP sangat-sangat peduli dengan kasus ini,"  ungkapnya

Ia menyebutkan BAP DPD RI sudah memberikan respon yang baik untuk mengatasi kasus tanah di Kota Makassar. 

"Ini merupakan tugas kami. Kami BAP DPD RI hadir sini awalnya bagaimana saya pada saat reses keliling di Sulsel ini dan bertemu dengan seluruh konstituen yang bisa saya temui. Mereka membawa permasalahan mereka ke kami dan itulah tugas kami, contoh sekarang ini BAP hadir," jelasnya.

Kamis, 24 Juni 2021