Program dan kinerja Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di bawah kepemimpinan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) di berbagai bidang kerap mendapat apresiasi berupa penghargaan.

Kali ini, penghargaan   tertinggi   diperoleh   dari   Kerajaan Terengganu, Malaysia  dibidang   pendidikan. 

Penghargaan diberikan  langsung oleh Kebawah Duli Yang Maha Mulia, Al-Wathiqu Billah Tuanku Mizan Zainal Abidin di Istana Kerajaan Terengganu.

Syahrul dinobatkan sebagai Bapak Pencetus dan Penggerak Inovasi Pendidikan.

Gubernur Sulsel dua periode ini  mendapat penghargaan dari Yayasan Diraja Sultan Mizan berupa gelar Warkah Pendidikan dari pengerusi (pengurus) dan Ahli Lembaga Pemegang Amanah Yayasan Diraja Sultan Mizan Terengganu Malaysia.

SYL dianggap sukses mengantarkan pendidikan Sulawesi Selatan ke arah lebih baik.

Menurut perwakilan Kerajaan Terengganu, SYL bukan hanya berhasil menjadi pelopor inovasi pendidikan di Indonesia, tetapi juga hingga ruang lingkup Asia Tenggara.

Dibawah kepemimpinan SYL, Pemprov Sulsel mempelopori pendidikan gratis untuk SD hingga SMA, provinsi pertama mengratiskan SPP mahasiswa tahun pertama, dan beasiswa hingga tingkat doktor ke luar negeri, termasuk di Malaysia.

SYL berterima kasih atas penghargaan tersebut dan. Ia menambahkan, kedatangan kali ini untuk merajut hubungan yang telah lama terjalin.

Sebelumnya, pemerintah provinsi telah menerima kunjungan Kerajaan Terengganu, saat menerima kunjungan Raja Sultan Negeri Terengganu Malaysia Yang Mulia Sultan Mizan Saenal Abidin Ibni Al Marhum Sultan Mahmud Al Muktafi Billah Shah dan permaisuri Yang Mulia Nur Sahirah beserta rombongan, di Baruga Sangiaseri, Senin 7 Mei 2012 silam.

Syahrul menerima penghargaan didampingi Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, Irman Yasin Limpo.

Selain itu, kedatangan orang nomor satu di Sulsel itu ke Terengganu untuk melaksanakan kerja sama di bidang pendidikan. 

Hubungan dan kerjasama Sulsel (Bugis) dengan Terengganu telah lama terjalin sejak abad ke 18.

Senin, 22 Mei 2017  (Ytm/Rs)