website resmi pemerintah provinsi sulawesi selatan http://sulselprov.go.id

Seminar Penguatan Kejaksaan Bertabur Tokoh

  • 17 pengunjung
  • 2 hits
  • 10 Oct 2017
Seminar Penguatan Kejaksaan Bertabur Tokoh

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo menghadiri Penyerapan Aspirasi Masyarakat dengan tema "Penguatan Kejaksaan dalam Sistem Ketatanegaraan di Indonesia" di Auditorium Prof. A. Amiruddin, Universitas Hasanuddin, Selasa pagi (10/10).

Kegiatan ini dihadiri langsung Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan, Jaksa Agung RI HM Prasetyo, Kajati Sulsel Jan Maringka, Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar, Ketua DPRD Sulsel HM Roem, Sekretaris Daerah Pemprov Sulsel Abdul Latif, Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah, Walikota Makassar Danny Pomanto dan Rektor Dwia Aries Tina serta dekan lingkup Unhas.

Hadir sebagai pembicara utama, Jimly Asshiddiqie yang merupakan akademisi Indonesia yang pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden pada tahun 2010.

Penanggung Jawab Pusat Kajian Kejaksaan Unhas Farida Patittingi mengatakan, tema seminar lahir dari fokus grup diskusi (FGD) sejak tahun 2015 serta hasil penelitian Kepala Kejati Sulsel Jan Maringka tentang posisi Kejaksaan yang membutuhkan penguatan kelembagaan.

Seminar ini merupakan rangkaian dari kegiatan peresmian Gedung Pusat Kajian Kejaksaan Unhas.

Rektor Unhas,  Dwia Aries Tina mengatakan kerjasama antara dunia pendidikan dan kejaksaan perlu didukung.

"Di Unhas banyak MoU, kegalauan kami apakah bisa direalisasikan, ternyata sejak dilakukan di 2015, Pusat Lembaga Kajian Kejaksaan dapat terbentuk dibawah naungan Fakultas Hukum Unhas," kata Dwia.

Dwia berharap pusat kajian ini melahirkan pandangan inovatif dan menjadi panglima lahirnya penegakan hukum yang berkarakter dan beretika.

Fakultas Hukum Unhas juga saat ini mempersiapkan diri untuk bisa memperoleh akreditasi internasional agar bisa menjawab tantangan global.

Untuk daya saing nasional Dwia menyebut Unhas memiliki peran strategis, salah satunya adalah melalui para alumni.

"Salah satu contohnya adalah Pak Gubernur, Pak Syahrul yang sudah menjadi simbol bagaimana ketua IKA Hukum Unhas menjadi penentu kebijakan dan memberikan pengaruh baik," pungkas Dwia.

Selasa, 10 Oktober 2017 (Srf/Rs)






 

Terkait

    • 1921 pengunjung
    • 1581 hits
    • 13 01 2016

    Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Pusat dan Daerah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK) RI, Ilyas Asaad mengatakan pihak kementerian membentuk sejumlah Unit Pelaksana Teknis (UPT) baru di Sulawesi Selatan (Sulsel). Selengkapnya.

    • 1028 pengunjung
    • 942 hits
    • 22 01 2016

    Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan akan berupaya mendorong percepatan akses keuangan di daerah. Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat rapat bersama OJK pada 15 Januari lalu. Selengkapnya.

    • 900 pengunjung
    • 736 hits
    • 18 01 2016

    Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH  mengatakan, masyarakat, Pemerintah Daerah, dan TNI AD sebelumnya telah bekerja sama dalam meningkatkan produksi beras. Hal tersebut membuat perekonomian Sulsel tidak ikut turun saat kondisi perekonomian Indonesia sedang mengalami penurunan.

    Selengkapnya.

menu lainnya