Bulukumba, sulselprov.go.id - Kontingen Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) Kabupaten Bulukumba mengukir prestasi yang sangat membanggakan. Pasalnya prestasi tersebut baru kembali diraih setelah 22 tahun lamanya.

Dalam ajang FASI ke 12 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, yang dilaksanakan di Kabupaten Bantaeng, kontingen Bulukumba meraih Juara Umum 1 se Sulawesi Selatan yang diumumkan saat penutupan FASI pada Sabtu 27 Juli 2024.

Atas pencapaian tersebut Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada kontingen FASI Bulukumba yang telah mengharumkan nama baik Kabupaten Bulukumba di ajang tingkat provinsi.

Menurutnya, pencapaian prestasi ini sangat membanggakan karena telah menunjukkan bahwa anak anak Bulukumba memiliki talenta dan mampu bersaing dengan anak anak dari daerah lain.

Dikatakan pencapaian itu tidak datang dengan sendirinya, tapi tentu dengan pembinaan yang baik sehingga anak-anak Bulukumba mampu berkompetisi di ajang lomba FASI dan meraih juara umum 1.

"Saya mengucapkan terima kasih kasih kepada saudaraku di BKPRMI yang terus melakukan pembinaan kepada anak anak kita. Sekiranya motivasi prestasi seperti ini terus kita tumbuhkan di berbagai kompetisi lainnya," ungkap Andi Utta sapaan akrab bupati pada Penerimaan Piala Juara Umum 1 FASI Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di sela Apel Gabungan OPD di halaman Kantor Bupati Bulukumba, Senin 29 Juli 2024.

Ketua BKPRMI Muhammad Arpa menyampaikan bahwa Bulukumba meraih juara umum 1 setelah akumulasi dari total juara dalam beberapa cabang lomba.

Bulukumba meraih juara 1 pada empat cabang lomba, yaitu peragaan shalat TKA putra, ceramah TPA putra, kisah islami TQA putri, dan kisah islami TQA putra. Sementara perolehan juara 2 ada delapan cabang lomba dan juara 3 ada lima cabang lomba.

Muhammad Arpa menyebutkan dari awal pihaknya memang sudah menargetkan meraih juara umum 1, apalagi pada ajang ini sangat didukung oleh Pemerintah Kabupaten Bulukumba bersama Tim Penggerak PKK Bulukumba.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak atas dukungan penuh dari Pemda dan PKK yang terus mendukung kami," ungkapnya.

Menurutnya, salah satu motivasi  untuk meraih prestasi itu juga karena ingin membuktikan bahwa kepengurusan BKPRMI yang baru saat ini mampu menunjukkan yang terbaik di Sulawesi Selatan.

"Ini dibuktikan saat pembukaan FASI, kami mendapat penghargaan sebagai BKPRMI Terbaik dalam pembinaan LPPTKA," imbuhnya.

Menurutnya pencapaian ini karena pihaknya serius mempersiapkan dan melatih peserta beberapa bulan sebelumnya.

"Kami betul betul melakukan seleksi dan pembinaan yang ketat, sehingga anak anak yang memang memiliki bakat yang kita bina untuk dipersiapkan ikut lomba," bebernya.

Sebelumnya, FASI ke 12 Sulsel ditutup secara resmi oleh Penjabat (Pj) Bupati Bantaeng, Andi Abubakar di Lapangan Pantai Seruni, Bantaeng. 

Berikut Daftar Juara FASI ke 12 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan

Juara Umum 1 Bulukumba
Juara Umum 2 Bone
Juara Umum 3 Makassar
Juara Umum 4 Pinrang
Juara Umum 5 Gowa. (*)