Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sulawesi Selatan terus melakukan inovasi teknologi dalam penyelenggaraan pendidikan. Terakhir, siswa mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) via android.

Disdik menyiapkan lima aplikasi khusus. Aplikasi tersebut telah diisi dengan sejumlah soal yang dibuat oleh tim dan tersimpan di bank soal.

Kepala Dinas Pendidikan Prov Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan, pihaknya mendoronng agar bukan hanya UNBK, tapi ujian sekolah sudah berbasis komputer dan android.

“Tahun lalu mereka masih berbasis kertas, tahun ini kami dorong berbasis komputer bahkan android,” kata Irman di kantornya, Senin (19/03/2018).

Di Makassar, sejumlah sekolah terlihat melaksanakan USBN dengan android. Di antaranya di SMA 10 Makassar, SMA 9 Makassar, SMA 16 Makassar dan SMA 15 Makassar.

“Di SMA 10 misalnya, dari 10 ruangan peserta ujian tujuh di antaranya menggunakan komputer dan 3 lainnya sudah menggunakan android,” kata Irman.

Bahkan di SMA 18 Makassar, dari 14 ruangan peserta ujian, hanya 1 ruangan yang menggunakan komputer dan 13 ruangan lainnya sudah memakai android.

Bukan hanya di Makassar, hampir seluruh kabupaten/kota di Sulsel juga telah menerapkan. Semisal di Enrekang dan Luwu.

“Tahun depan kami target lebih banyak lagi. Kalau bisa 100 persen ujian sekolah sudah berbasis komputer,” tutup Irman.

Senin, 19 Maret 2018 (Srf/Na)