website resmi pemerintah provinsi sulawesi selatan http://sulselprov.go.id

Soni Sumarsono Hadiri Prosesi Adat Mattompang Arajang di Wajo

  • 82 pengunjung
  • 10 hits
  • 10 May 2018
Soni Sumarsono Hadiri Prosesi Adat Mattompang Arajang di Wajo

Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono, mendapat kehormatan untuk membersihkan benda pusaka La Tungke Palipu pada acara Mattompang atau pencucian benda pusaka di rumah adat Soraja Latenri Bali, di Kabupaten Wajo, Rabu (9/5/2018). Sumarsono melakukan dengan hati-hati perawatan benda pusaka tersebut dengan cara meneteskan air jeruk dan membasahi permukaan bilah pusaka, kemudian mengusapkan pada bilah pusaka secara berulang kali hingga bersih.

Jeruk yang digunakan dalam proses matampang ini biasanya jeruk nipis (lemo kopasa) atau jeruk (lemo) pattompang yang ukurannya besar. Perasan air jeruk atau secara kimiawi mengandung zat asam yang mampu mengikat senyawa karat tanpa merusak permukaan bilah. Penggunaan perasan air jeruk juga akan menghasilkan aroma yang harum pada bilah pusaka.

"Mattompang adalah sebuah bentuk perlakuan perawatan terhadap benda pusaka kerajaan. Adapun tujuan Mattompang untuk membersihkan karat pada bilah pusaka untuk memunculkan pamor pada bilah pusaka," kata Kepala Dinas Pariwisata Wajo, Andi Darmawangsa .

Manfaat Mattompang adalah bilah pusaka lebih terawat dan tahan lama. Memunculkan nilai estetika pada bilah pusaka dan sebagai media silaturrahmi dalam komunitas tertentu.

Penggunaan dupa juga dihadirkan pada proses tompang yang merupakan bagian dari proses pemanasan (I Rellang) agar permukaan bilah benar-benar kering, sehingga tidak cepat berkarat setelah ditompang.

Tradisi Mattompang dilakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap warisan leluhur, sekaligus sebagai perekat dalam rumpun keluarga pemilik pusaka yang ditompang.

Selain Pusaka La Tungke Palipu, pada acara tersebut juga dihadirkan pusaka keris La Makkarateng Dg Mareppa, satu buah tombak dari Kerajaan Kutai Kartanegara, satu pasang Salapu dan Petta Ranneng, satu buah Tappi Lamba Asera dan satu buah Kawali Malela.

Kamis, 10 Mei 2018 (Srf/Er)

Terkait

    • 3068 pengunjung
    • 2043 hits
    • 13 01 2016

    Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Pusat dan Daerah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK) RI, Ilyas Asaad mengatakan pihak kementerian membentuk sejumlah Unit Pelaksana Teknis (UPT) baru di Sulawesi Selatan (Sulsel). Selengkapnya.

    • 1876 pengunjung
    • 1598 hits
    • 22 01 2016

    Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan akan berupaya mendorong percepatan akses keuangan di daerah. Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat rapat bersama OJK pada 15 Januari lalu. Selengkapnya.

    • 1489 pengunjung
    • 856 hits
    • 18 01 2016

    Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH  mengatakan, masyarakat, Pemerintah Daerah, dan TNI AD sebelumnya telah bekerja sama dalam meningkatkan produksi beras. Hal tersebut membuat perekonomian Sulsel tidak ikut turun saat kondisi perekonomian Indonesia sedang mengalami penurunan.

    Selengkapnya.

menu lainnya