Dalam upaya peningkatan kualitas layanan publik melalui evaluasi kinerja aplikasi layanan aduan Baruga - SP4N-LAPOR!, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) melakukan penilaian layanan aduan publik secara nasional dalam tahun 2019 dengan melibatkan peserta sekitar 600 instansi pemerintah pusat, provinsi dan seluruh kab/ko seluruh Indonesia.

Pengumuman Menteri PAN RB disampaikan melalui Keputusan MENPAN RB Nomor 310 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2019, dimana Provinsi Sulawesi Selatan termasuk salah satu yang terbaik dan tembus TOP 30 berada d iposisi TOP 11 menyisihkan ratusan instansi pemerintah lainnya, dan selanjutnya akan mengikuti evaluasi berikutnya untuk katagori TOP 10 terbaik nasional.

Kadis Kominfo Statistik dan Persandian Prov Sulsel, Andi Hasdullah dalam releasenya, Selasa (19/11/2019) mengatakan bahwa dirinya memgaku telah menerima hasil penilaian Menteri PAN RB yakni Baruga - SP4N-LAPOR! Sulsel masuk TOP 30 tatakelola aduan dan menjadi salah satu  terbaik nasional.

“Dalam pengumuman itu Baruga - SP4N-LAPOR! Sulsel tembus TOP 30 bahkan kita berada di urutan TOP 11 setelah menyisihkan lebih 500 instansi peserta. Sekarang terus dioptimalkan terutama kecepatan tindak lanjut aduan masyarakat yang masuk diaplikasi aduan dapat segera ditindaklanjuti penyelesaiannya,” terang Andi Hasdullah.

Hasdullah menambahkan, bahwa tatakelola aduan Baruga - SP4N-LAPOR! Sulsel ini progressnya memang cukup tinggi karena aduan ini berbasis media sosial dan andoid. “Kita berikan layanan kemudahan, kecepatan dan akurasi dalam menyampaian aduan prosesnya, hanya butuh 15 menit saja aduan itu sudah sampai ke instansi berwenang untuk peyelesaiannya,” jelasnya lagi.

“Saat ini Admin Baruga - SP4N-LAPOR! Sulsel ada di OPD Provinsi, kabupaten/kota, bahkan sudah tembus pada angka sekitar 600 intansi yang tersambung dengan Baruga - SP4N-LAPOR! Sulsel. Posisi Diskominfo SP Sulsel terus mengontrol tindak lanjut aduan yang masuk, baik itu menyangkut kewenangan pusat, provinsi maupun kab/kota.

Termasuk Sosialisasi Aplikasi Baruga - SP4N-LAPOR! terus diintensifkan, dengan Sosialisasi goes to campus, Bimtek dengan berbagai komunitas, brosur, iklan radio dan berbagai kanal yang lain. “Intinya adalah kita berharap seluruh kalangan masyarakat Sulsel tahu dan dapat memanfaatkan aplikasi aduan ini sehingga secara nyata, masyarakat dilayani dengan cepat atas berbagai masalah publik yang dibutuhkan, dan pemerintah hadir untuk memberi solusi dan memberikan layanan prima kepada rakyat,”ujar Hasdullah.

Hasdullah berharap kehadiran aplikasi aduan Baruga - SP4N-LAPOR! dapat dirasakan manfaatnya dan menjadi penyambung lidah rakyat kepada Pemprov Sulsel yang makin mendekatkan pemerintah dan rakyat Sulsel. Selanjutnya Hasdullah optimis pengeloloan aduan publik Sulsel bisa tembus masuk TOP10 terbaik nasional.

Selasa, 19 November 2019 (diskominfo)