Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo memimpin langsung kegiatan Misi Dagang APPSI di Hotel Shangrila, Surabaya, Selasa pagi, (22/11).

Misi dagang merupakan tindaklanjut dari kegiatan Workshop Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang dilaksanakan sejak kemarin hingga besok (21-23/11). SYL selaku Ketua APPSI 2015-2019 membuka langsung warkshop ini.

Sebanyak 800 peserta hadir dalam misi dagang ini, diantaranya, tujuh gubernur, tim pakar APPSI seperti Ryaas Rasyid dan Aviliani serta pelaku bisnis sektor pertanian dan sektor industri.

Ketua APPSI, SYL menyebutkan misi dagang ini merupakan solusi ditengah melambatnya perekonomian nasional.

"Ini merupakan sebuah langkah pasti dari APPSI untuk mengoptimalkan perdagangan antara pulau secara nasional di tengah perekonomian yang cendrung melambat," sebut Syahrul YL.

Adapun misi dagang ini menargetkan jumlah transaksi sebesar Rp1 triliun, dari catatan panitia sekitar pukul 10.00 Wita telah mencapai Rp817 miliar.

Provinsi Sulsel juga menghadirkan sejumlah komoditas unggulan. Sulsel akan melakukan tindak lanjut komitmen kerjasama dengan para pengusaha dengan Pemprov Sulsel di bidang peternakan.

"Sulsel juga sudah melakukan sejumlah transaksi, tadi diakhir acara, Sekjen Kementrian Perdagangan mengatakan akan ada MoU di bidang peternakan sapi" ungkap Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulsel Devo Khaddafi.

Rabu, 22 November 2017 (Ytm/Na)